Temanggung (ANTARA) - Aparat keamanan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan pengamanan vaksin COVID-19 yang telah didistribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan.

Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi di Temanggung, Senin, mengatakan vaksin COVID-19 tahap pertama sudah sampai di Temanggung pada Minggu (24/1), kemudian separuhnya langsung didistribusikan ke puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Bupati Batang sempat tegang jelang disuntik vaksin COVID-19

"Untuk vaksin di Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung maupun di puskesmas masing-masing kecamatan, kami sudah sepakat dalam rapat koordinasi dengan Dinkes, Satpol PP, dan Kodim akan melaksanakan pengamanan selama 24 jam," katanya.

Ia menyebutkan kalau pengamanan di Dinkes ada 8 personel, terdiri atas 2 orang dari Polres, 2 orang dari Kodim, 2 orang dari Satpol PP, dan 2 orang dari Dinkes.

"Begitu pula yang di puskesmas-puskesmas, semuanya empat unsur itu ada. Jadi selama 24 jam vaksin kami amankan di tempat masing-masing, baik di Dinkes maupun di puskesmas," katanya.

Bupati Temanggung M Al Khadziq dalam pencanangan vaksinasi COVID-19 di Pendopo Pengayoman menyampaikan hari ini vaksin sudah terdistribusi ke seluruh wilayah Kabupaten Temanggung.

"Kemarin sore distribusi sudah dilakukan ke puskesmas-puskesmas sehingga secara teknis semua puskesmas sudah siap untuk memberikan vaksin pada tahap pertama ini," katanya.

Ia menuturkan tenaga kesehatan sudah dilatih untuk memberikan vaksin sehingga mereka sudah siap untuk melakukan vaksinasi gelombang pertama maupun gelombang berikutnya.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung untuk bersiap-siap manakala nanti tahapan vaksinasi sudah sampai kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Sebelum divaksin COVID-19, pastikan tubuh harus fit

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024