Temanggung, Jateng (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah dijadwalkan pada Februari 2021, kata Bupati M Al Khadziq.

Khadziq di Temanggung, Senin, mengatakan saat ini stok vaksin sudah ada di Pemprov Jateng dan daerah tinggal menunggu penyalurannya.

"Rencananya Februari, saat ini vaksin sudah sampai Pemprov Jawa Tengah. Kita tinggal menunggu pengiriman ke Temanggung dan menunggu petunjuk untuk distribusinya," katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 diharapkan jadi pelecut kesadaran baru

Menurut dia Dinas Kesehatan sudah menyiapkan tim khusus untuk melaksanakan vaksinasi, termasuk menyiapkan tim pemantauan setelah dilakukan vaksinasi serta perangkat yang ada di lapangan.

Ia menuturkan untuk tahap awal yang akan divaksin adalah forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda), kemudian baru yang lain-lain sesuai petunjuk pemerintah pusat.

"Berdasarkan rapat kemarin yang pertama-tama nanti Forkompinda. Itu berdasarkan rapat kemarin bersama Dandim dan Kapolres, Forkompinda akan divaksinasi lebih dulu, baru yang lain sesuai petunjuk pemerintah pusat," katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabib Mualim menuturkan berdasarkan perhitungan sasaran total vaksinasi adalah 473.104 orang, terdiri atas tenaga yang bekerja di fasilitas kesehatan 3.288 nakes dan nonnakes, pelayanan publik 27.868 0rang, masyarakat rentan 253.597 orang, masyarakat umum pelaku ekonomi 94.797 orang, lansia 93.554 orang.

"Tahap pertama kita dapat 1.157 vial/botol dan ini cukup untuk sasaran tenaga kesehatan," katanya.

Ia menyampaikan tujuan vaksinasi adalah untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat COVID-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial ekonomi.

Baca juga: DKK Surakarta sebut vaksinasi berjalan lancar
Baca juga: 19.009 tenaga kesehatan Kota Semarang divaksin

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024