Semarang (ANTARA) - Jasa Raharja di usianya yang ke-60 terus mengembangkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat berbasis digital.

Hal tersebut disampaikan Kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah Jahja Joel Lami pada puncak peringatan HUT ke-60 Jasa Raharja yang jatuh tanggal 1 Januari 2021, di Semarang, Senin.

"Di era sekarang ini, percepatan pelayanan yang kami kembangkan berbasis teknologi digital yang artinya integrasi sistem dengan seluruh stakeholder. Hal itu untuk mempercepat penanganan korban kecelakaan dengan tetap mengedepankan sisi humanisme," kata Jahja.

Jahja menjelaskan langkah tersebut terbukti dengan ditunjukkan sampai Desember 2020, kecepatan penanganan korban kecelakaan meninggal dunia dalam penyerahan santunan oleh Jasa Raharja yakni hanya 1 hari 14 jam atau 38 jam dan tidak mengenal hari libur.

"Percepatan pelayanan adalah sebuah keharusan. Percepatan tersebut dapat berjalan dengan sistem baik dengan kepolisian untuk percepatan laporan polisi, sistem dengan rumah sakit, Dispendukcapil, dan sistem dengan perbankan. Oleh karena itu tidak heran meskipun hari libur, tetap bisa menyerahkan santunan," kata Jahja.

Percepatan pelayanan lainnya, lanjut Jahja, Jasa Raharja telah bekerja sama dengan 253 rumah atau 98 persen dari daftar rumah sakit di Jateng dengan harapan untuk percepatan sehingga tagihan tidak lagi ke pasien tapi ke Jasa Raharja serta menekan fatalitas atas risiko kecelakaan.

Jasa Raharja, kata Jahja, juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Kepolisian, Lab Medika, monitoring daftar kecelakaan lalu lintas yang seluruhnya berbasis digital.

Baca juga: 60 tahun, Jasa Raharja Bangga Melayani Negeri

Jasa Raharja juga memberikan kemudahan dan mempercepat proses klaim santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas melalui aplikasi JRku yang dapat digunakan oleh masyarakat umum (JRku eksternal) dan juga petugas Jasa Raharja sendiri (JRku Internal) dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.

JRku dapat di unduh di Google Play untuk Android dan App Store untuk IOS (Apple) dengan nama JRkuJasa Raharja yang dilengkapi beragam fitur Safe My Trip yang berguna bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Fitur tersebut juga dapat mengetahui status keberlakukan SWDKLLJ (plat hitam) atau IWKBU (plat kuning) dan juga dapat memberikan arah atau rute hingga tujuan; informasi rawan kecelakaan dapat dilihat di peta saat melakukan perjalanan; fitur Informasi Kecelakaan yang dapat digunakan masyarakat jika melihat kejadian kecelakaan dan menginformasikan kepada JRku.

Selain itu ada juga fitur Santunan Online yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk mengajukan santunan melalui aplikasi JRku; fitur Kendaraan Pribadi yang berguna bagi masyarakat yang ingin mengetahui masa laku SWDKLLJ dan juga menyimpan data kendaraanya pada Aplikasi JRku; fitur Kendaraan Umum yang berguna bagi pemilik PO untuk melihat daftar kendaraan miliknya dan juga melakukan pembayaran IWKBU secara daring (dalam jaringan).

Dalam rangka menyambut HUT ke-60, Jasa Raharja juga menggelar sejumlah kegiatan di antaranya, penanaman 1.000 pohon Mangrove di Grand Maerakaca PRPP Semarang, donor darah pegawai Jasa Raharja di Kantor Cabang Jalan Sultan Agung, dan pembagian buku gratis ke Perpustakaan Microlibrary Semarang.

Baca juga: 60 tahun, Jasa Raharja Bangga Melayani Negeri
Baca juga: Jasa Raharja Pekalongan jamin santunan korban kecelakaan di Batang


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024