Magelang (ANTARA) - Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Magelang, Jawa Tengah membagikan 27.000 masker medis kepada para santri di berbagai pondok pesantren di daerah itu guna mencegah munculnya klaster penularan COVID-19 di lembaga pendidikan Islam tersebut.

"Pondok Pesantren sebagai bagian dari aset pendidikan agama, harus bersama kita lindungi, baik pengasuh maupun santrinya, maka salah satu ikhtiarnya ya dengan kita siapkan masker medis bagi mereka,” kata Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Magelang Arif Solikhan dalam keterangan tertulis di Magelang, Minggu.

Ia menjelaskan aksi sosial tersebut bagian dari distribusi lima juta masker, kerja sama Pimpinan Pusat GP Ansor, PT Aice, dan Kantor Staf Presiden. Beberapa waktu lalu, GP Ansor Kabupaten Magelang juga membagikan masker kepada warga di kawasan Gunung Merapi.

Berdasarkan data yang dirilis pemerintah sampai saat ini, kata dia, angka penularan virus corona jenis baru itu semakin bertambah.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua elemen bangsa di daerah setempat untuk bersama-sama melakukan upaya pencegahan penularan COVID-19.

Penyerahan masker tersebut secara simbolis dilaksanakan di Joglo Manunggal Kompleks PCNU Kabupaten Magelang, Sabtu (2/1), antara lain dihadiri Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Magelang Kiai Haji Izzudin Abdurahman, perwakilan Satgas COVID-19 Kabupaten Magelang, pengasuh pesantren, serta pengurus Ansor berasal dari 21 kecamatan di Kabupaten Magelang.

Pada kesempatan itu, Izzudin Abdurahman meminta kader Ansor setempat menjadi pionir sekaligus pemberi contoh masyarakat terkait dengan ketaatan melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

"Ansor harus mampu menjadi contoh yang baik dalam menjalankan protokol kesehatan, jangan malah sebaliknya," katanya.

Usai penyerahan masker di tempat itu, puluhan kader GP Ansor setempat kemudian membagikan masker kepada pengguna jalan umum di depan Kantor PCNU Kabupaten Magelang.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024