Semarang (ANTARA) - BCA kembali menghadirkan program liburan virtual dari rumah yang mengajak penonton menikmati pesona Doesoen Kopi Sirap dan Kampung Batik Gemah Sumilir.

Doesoen Kopi Sirap terletak di lereng Gunung Kelir, Semarang, Jawa Tengah dan terdiri dari puluhan hektar perkebunan kopi.

Wisatawan akan akan disuguhkan dengan keindahan alam yang asri dan diajak untuk trekking menuju kebun kopi, belajar lebih dalam mengenai tanaman kopi, dan ditawarkan wisata kuliner kopi organik dengan beragam cita rasa.

“BCA senang dan bangga atas respon positif masyarakat terhadap rangkaian acara ‘Liburan Dari Rumah’. Hal ini membuat kami semakin bersemangat untuk menampilkan desa-desa binaan BCA lainnya. Dalam episode kelima ini, kami memilih Doesoen Kopi Sirap di Semarang dan Kampung Batik Gemah Sumilir di Pekalongan," kata Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA.

Kedua desa tersebut sudah mendapatkan pendampingan BCA sejak lama dan sudah mencetak prestasi pada bidangnya masing-masing seperti Doesoen Kopi Sirap tiap tahunnya mampu menghasilkan 1.200 ton kopi.

Melihat antusiasme dalam empat episode sebelumnya, kali ini episode kelima talkshow Instagram live LDR 'Liburan dari Rumah' menghadirkan Executive Vice President CSR BCA, Inge Setiawati, Vice President CSR BCA, Ira Bachtar, serta Indonesian Barista Champion, Mikael Jasin pada Kamis (17/12/2020).

Acara tersebut disiarkan langsung melalui akun Instagram @goodlifebca, Youtube SolusiBCA, Instagram @mikaeljasin, Facebook GoodLife BCA dan Twitter @GoodLifeBCA.

Jika Doesoen Kopi Sirap terkenal dengan kopinya, Kampung Batik Gemah Sumilir yang terletak di Kajeng, Pekalongan, Jawa Tengah terkenal dengan batiknya dan menawarkan edukasi batik tulis dan cap yang dapat dilakukan langsung oleh wisatawan.

Selain menghasilkan batik, desa tersebut juga menghasilkan kain tenun dan kerajinan tangan dan salah satu kontribusi yang BCA berikan dalam pengembangan Kampung Batik Gemah Sumilir adalah dengan mengajak pengurus desa untuk mengikuti expo, conference, serta pelatihan skill.

BCA melalui program Bakti BCA sudah mengembangkan 12 desa wisata binaan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia antara lain: Wirawisata Goa Pindul; Desa Wisata Pentingsari; Wisata Wayang Desa Wukirsari; Kampung Batik Gemah Sumilir; Doesoen Kopi Sirap.

Kemudian Desa Wisata Tamansari; Desa Wisata Pucak Tinggan; Desa Binaan Gunong Lumut; Desa Binaan Bukit Peramun; Desa Wisata Aik Rusa Berehun; Kampung Adat Sijunjung; serta Nagari Silokek.

“BCA akan terus memfasilitasi desa wisata di Indonesia melalui pelatihan-pelatihan yang berkualitas melalui metode online dan memaksimalkan eskalasi terhadap desa wisata ini. Harapan kami masyarakat tetap memberikan dukungan terhadap keberlangsungan potensi wisata yang ada di Indonesia melalui berbagai cara unik dan menarik,” tutup Inge.


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024