Purwokerto (ANTARA) - Film berjudul "Mbak Ayu" karya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Perisai, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dinobatkan sebagai film terfavorit dalam Ajang Festifal Film Mahasiswa Indonesia (FFMII) 2020.

Kegiatan FFMII 2020 dengan tema Optimisme Ibu Pertiwi di Masa Pandemi itu diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam hal ini, film "Mbak Ayu" digarap oleh sutradara Mirza, produser Dewangga, penulis skenario Aryie, aktor Ayu dan Dop Demas, serta juru kamera Dimas dan Demas.

Terkait dengan prestasi tersebut, sutradara Mirza menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung produksi film "Mbak Ayu" yang merupakan film perdana mahasiswa UMP di ajang FFMI.

"Kami berharap semoga ke depannya mahasiswa dapat memroduksi film yang lebih baik lagi," katanya. 

Baca juga: UMP bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan laksanakan "Bimbingan Teknis"

Menurut dia, film "Mbak Ayu" bercerita tentang seorang sarjana pendidikan yang berdedikasi untuk mengajar anak-anak pesisir pantai Cilacap. 

Dengan keterbatasan yang ada, tidak menjadi penghalang Ayu untuk mengajar serta tidak juga memadamkan semangat anak-anak pesisir untuk belajar. 

"Sayangnya, itikad baik Ayu tidak mendapat tanggapan baik dari ayahnya. Sang ayah justru menghendaki Ayu agar segera mencari calon untuk menikah," jelasnya. 

Ia mengatakan seleksi film dilakukan melalui tiga tahapan, yakni seleksi administrasi dengan total karya 129 film dari berbagai perguruan tinggi diseluruh Indonesia. 

Kemudian dilanjutkan kurasi tahap 2 untuk dipilih 30 besar yang nantinya akan dipilih juara 1, 2, 3, dan harapan 3, 2, 1. 

Sementara itu, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Efi Miftah Faridli mengatakan antusiasime mahasiswa untuk mengikuti lomba yang diadakan secara daring itu cukup tinggi meskipun di tengah pandemi COVID-19. 

Menurut dia, hal itu terbukti dari totalitas mahasiswa pada proses produksi sejak awal penyusunan naskah hingga proses editing setelah pengambilan gambar yang dilakukan di Sintokawang, Cilacap, Jawa Tengah.

"Film garapan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan judul 'Mbak Ayu' berhasil meraih juara pada ajang Festival Film Mahasiswa Indonesia sebagai juara favorit. Pengumuman lomba ini disampaikan melalui siaran langsung FFMI Award pada kanal Youtube Dije TV," katanya.
 
Ia mengatakan film yang digarap mahasiswa berjudul Mbak Ayu dengan durasi 10 menit itu disutradai oleh Mirza Akmal yang merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (bka/tgr)

Baca juga: 109 apoteker lulusan UMP jalani sumpah profesi
Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto terus perluas kerja sama internasional
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024