Temanggung (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar kontes sapi untuk memberikan motivasi kepada para peternak agar memelihara ternaknya dengan baik.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Slamet Saryono di Temanggung, Kamis, mengatakan di tengah pandemi COVID-19 ini pelaksanaan kontes berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni ternak yang dikonteskan harus dibawa ke lokasi kontes.

Namun, katanya di saat pandemi ini ternak peserta kontes tetap berada di kandangnya dan tim juri yang mendatangi untuk memberikan penilaian.

Baca juga: Pemkab Batang Gelar Kontes Sapi Unggulan

Ia menyampaikan kontes ternak ini untuk mengevaluasi program-program Dinas Perikanan dan Peternakan sejauh mana direspon oleh masyarakat yakni program kegiatan tentang peningkatan produksi dan produktifitas ternak.

Slamet mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dari Pemkab Temanggung kepada peternak yang berprestasi guna menghasilkan bibit ternak maupun bakalan yang unggul dan produktif.

Menurut dia kontes ternak ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para peternak yang telah berupaya menghasilkan ternak sapi potong berkualitas. Meningkatkan minat dan motivasi peternak, pelaku usaha peternakan untuk memproduksi ternak bibit dan ternak potong yang berkualitas.

Selain itu, katanya sebagai sarana edukasi bagi masyarakat umum sekaligus ajang mempromosikan bibit ternak dan ternak potong yang berkualitas.

"Kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi kepada para petugas teknis dan penentu kebijakan pengembangan peternakan di Kabupaten Temanggung," katanya.

Ia menyebutkan ada 59 peternak yang telah mendaftar dalam kontes ini dengan jumlah sapi sebanyak 100 ekor.

Kategori atau kelas dalam kontes ini meliputi kelas pedet jantan, kelas indukan, bakalan super, dan kelas ekstrem. 

Baca juga: Puluhan Sapi Ikuti Kontes di Boyolali
Baca juga: 30 Sapi Potong Ikuti Kontes di Banjarnegara

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024