Semarang (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah berupaya agar ratusan tempat pemungutan suara (TPS) di 21 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada serentak bisa terjangkau jaringan internet.

"Saat ini kami melakukan pemetaan dan langkah-langkah antisipasi, catatan kami ada 877 titik TPS yang blank spot atau tidak ada jaringan internet," kata Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Jawa Tengah Paulus Widiyanto di Semarang, Rabu.

Menurut dia, pihaknya akan turun langsung ke lapangan guna memastikan seberapa jauh jarak titik TPS yang blank spot dengan yang tercakup jaringan internet.

"Karena seharusnya di kantor kecamatan saat ini sudah ada jaringan internet dan layanan wifi," ujarnya.

Terkait dengan persiapan hasil rekap, dia mengatakan bahwa pihaknya membuat titik koordinasi TPS, ada yang blank spot di TPS, kemudian geser sedikit sudah ada sinyal. Hal ini sedang dipetakan.

Berdasarkan data potensi jaringan yang diperoleh di KPU Provinsi Jateng, dari 44.077 TPS tercatat ada 39.662 titik yang jaringan internetnya kuat, 1.387 jaringan sedang, 2.151 jaringan lemah, dan 877 tidak ada jaringan internet.

Ke-21 kabupaten/kota yang menggelar pilkada adalah Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Rembang, dan Kota Surakarta.

Berikutnya, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Demak.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024