Klaten (ANTARA) - Jumlah kumulatif kasus COVID-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, hingga hari ini tembus lebih dari 1.000 pasien dengan penambahan terakhir 21 orang.

"Totalnya ada 1.016 kasus dari awal hingga saat ini," kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Klaten Cahyono Widodo di Klaten, Jumat.

Ia mengatakan dari total tersebut, 813 orang di antaranya sudah sembuh. Berdasarkan data, untuk penambahan terakhir sebanyak 15 pasien dinyatakan sembuh.

"Sedangkan sebanyak 166 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan sebagian melakukan isolasi mandiri. Untuk jumlah yang meninggal dunia sebanyak 37 kasus," katanya.

Ia mengatakan untuk penambahan kasus terkonfirmasi positif baru berasal dari Karangnongko, Klaten Tengah, Klaten Utara, Kalikotes, Polanharjo, Karanganom, Delanggu, Ngawen, Wedi, dan Jogonalan.

"Sedangkan satu pasien COVID-19 yang meninggal dunia hari ini berasal dari Klaten Selatan," katanya.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Klaten bertambah 21 orang

Berdasarkan data, dari penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 hari ini, empat kasus di antaranya diperkirakan terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten.

"Sedangkan dua kasus dimungkinkan terpapar pada saat berada di luar daerah, serta 15 kasus lainnya merupakan kontak erat kasus terkonfirmasi COVID-19 sebelumnya. Saat ini terdapat dua orang yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit serta lainnya sedang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis," katanya.

Dengan penambahan yang terus terjadi, pihaknya mengimbau masyarakat meningkatkan kesadaran dan lebih disiplin menaati protokol kesehatan.

Ia meminta masyarakat tetap berada di rumah dan jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Baca juga: Jumlah pasien COVID-19 di Klaten capai 765
Baca juga: Pasien COVID-19 di Klaten terus bertambah

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024