Purbalingga (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diperpanjang hingga 18 Oktober 2020.

"KPU Purbalingga perpanjang pendaftaran KPPS di 35 desa yang tersebar di delapan kecamatan. Sebelumnya masa pendaftaran hanya sampai 13 Oktober namun diperpanjang hingga 18 Oktober," kata anggota KPU Purbalingga bidang Divisi Parmas, SDM dan Kampanye Andri Supriyanto di Purbalingga, Kamis.

Dia menjelaskan total kebutuhan anggota KPPS untuk pilkada 2020 di wilayah ini adalah sebanyak 14.903 orang. Kendati demikian pada 13 Oktober 2020 baru ada 13.542 yang mendaftar sehingga terdapat kekurangan 1.361 orang.

"Dengan kondisi tersebut maka bagi desa-desa yang masih kekurangan akan dibuka perpanjangan pendaftaran dari tanggal 14 hingga 18 Oktober 2020," katanya.

Dia menambahkan Surat Keputusan KPU RI nomor 476 tahun 2020 menyebutkan bahwa jika pada akhir masa perpanjangan masih belum tercukupi, maka KPU Purbalingga akan bekerjasama dengan lembaga profesi yang ada, seperti lembaga pendidikan, perguruan tinggi dan atau organisasi kepemudaan yang ada.

Baca juga: KPU Purbalingga terus sosialisasikan protokol kesehatan

"Kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga untuk bergabung bersama KPU sebagai KPPS," katanya.

Dia menambahkan rekrutmen dilaksanakan di tingkat desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Persyaratannya antara lain merupakan Warga Negara Indonesia, berusia minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun, independen dan tidak sedang menjalani hukuman," katanya.

Persyaratan lainnya, kata dia, adalah bahwa calon anggota KPPS harus memastikan bahwa dirinya bisa bersikap netral dan tidak memihak salah satu calon.

"Nantinya ada seleksi administrasi dan wawancara oleh PPS. Setelahnya PPS menetapkan dalam surat keputusan atas nama KPU," katanya.

Selain itu, kata dia, calon anggota KPPS juga perlu menyertakan surat keterangan sehat dari puskesmas

Dia berharap seluruh proses pelaksanaan rekrutmen KPPS akan berlangsung dengan baik dan lancar.

Baca juga: KPU Purbalingga mendorong paslon perkuat kampanye daring
Baca juga: Pendaftaran KPPS dibuka hingga 13 Oktober 2020


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024