Semarang (ANTARA) - TikTok, platform distribusi video singkat, melanjutkan program edukasi #SamaSamaBelajar dengan mengadakan kompetisi #TikTokPintar selama bulan Oktober (1-28 Oktober) 2020 dengan total hadiah senilai Rp400 juta dan hadiah menarik lainnya. 

Pada kompetisi tersebut para kreator ditantang menghasilkan konten edukasi yang berkualitas dan kreatif dalam berbagai tema seperti pengetahuan umum, bahasa asing, fakta seru, motivasi, bisnis, tips dan tutorial, DIY, life hacks, serta IPTEK berdurasi 15-160 detik. 

Pengguna disarankan menggunakan berbagai fitur kreatif dari TikTok dan menambahkan tagar #SamaSamaBelajar dan #TikTokPintar pada caption videonya.

"Semakin banyaknya konten edukasi di TikTok berpengaruh kepada keberagaman kreator serta konten yang ada di TikTok. Oleh karena itulah, kami berkomitmen mendukung perkembangan kualitas kreator, melalui tips, dan juga kompetisi yang mendorong mereka untuk menghasikan konten yang semakin bagus dan informatif," kata Angga Anugrah Putra, Head of Users and Content Operations, TikTok Indonesia.

Beberapa tips yang dapat diterapkan kreator untuk menghasilkan konten yang lebih berkualitas di TikTok, lanjutnya, antara lain membuat video yang menonjol dengan menggunakan tampilan vertikal, caption video yang menarik dan bisa menambah konteks video, memakai efek kreatif, efek suara, serta musik yang sedang trending. 

TikTok juga mendorong kreator untuk bereksperimen dan pelajari video seperti apa yang mendapatkan paling banyak engagement dan buat konten serupa lebih banyak lagi, dan juga mengikuti tantangan atau tagar yang sedang ramai diikuti.

Dokter Yessica atau dikenal dengan dokter Ziee yang merupakan salah satu kreator edukasi di TikTok berbagi tips bagi yang belum jadi pengguna TikTok bisa mengawali dengan memastikan arah konten yang ingin digelutinya dan sebaiknya yang dikuasai seperti dirinya yang konsen seputar kesehatan kulit dan estetika.

"Informasi-informasi seputar kedokteran sangat mudah terjadi distorsi dan misinformasi bila diberikan secara tidak tepat dan dengan menggunakan fitur lagu dan mengikuti berbagai challenge yang sedang trend di TikTok, saya bisa menyampaikan tips-tips seputar kesehatan kulit dan estetika dengan format yang mudah dipahami dan tepat," kata dokter Ziee.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024