Cilacap (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) memperpanjang waktu pendaftaran Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Tahun 2020 yang semula akan berakhir pada tanggal 15 Oktober digeser menjadi 31 Oktober.

Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan perpanjangan waktu pendaftaran tersebut dilakukan untuk mengakomodir antusiasme para jurnalis di berbagai wilayah yang tengah menyiapkan karya terbaik sesuai dengan kategori karya yang diperlombakan. 

Selain diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19, kata dia, mekanisme penilaian AJP Tahun 2020 sedikit berbeda lantaran dimulai dari tingkat teritori. 

"Perubahan ini membuat AJP 2020 memberikan peluang juara lebih luas karena akan ada para pemenang di setiap teritori," ujarnya di Cilacap, Rabu (14/10).

Ia mengatakan khusus untuk wartawan di wilayah Cilacap serta tiga kabupaten lainnya yang ada di eks Keresidenan Banyumas yakni Banyumas, Banjarnegara, dan Purbalingga dikelompokkan pada teritori Jawa Bagian Tengah.

Nantinya, yang terbaik di tiap teritori akan ditandingkan di babak final untuk memperebutkan juara di tingkat nasional serta Best of The Best.

"Mereka bersaing dengan teritori lain dari Sumatra Bagian Utara, Sumatra Bagian Tengah, Sumatra Bagian Selatan, DKI Jakarta, Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Tengah, Jatimbalinus, Sulawesi, Kalimantan, serta Maluku-Papua," jelasnya.

Baca juga: Pertamina dorong santri menjadi kekuatan ekonomi melalui Santripreneur Indonesia

Pertamina, kata Hatim, juga berharap wartawan melakukan peliputan yang lebih bervariasi, dengan adanya tambahan kategori Program Kemitraan yang sebelumnya menyatu dengan kategori Program CSR. 

Berbeda dengan kategori lain yang diperuntukkan untuk satu kanal media saja, kata dia, untuk kategori CSR dan Program Kemitraan terbuka untuk semua kanal media, baik cetak, online, televisi, maupun radio.

AJP Tahun 2020 menyediakan 8 kategori karya, yakni Hardnews Media Cetak, Feature Media Cetak, Media Online/Siber, Feature Radio, Feature TV, Foto Essay, Program CSR/Pemberdayaan Masyarakat dan Kategori Program Kemitraan.

Untuk menjadi peserta AJP 2020, insan media bisa mengisi formulir yang dapat diunduh dari laman Pertamina dengan alamat https://www.pertamina.com/id/anugerah-jurnalistik-pertamina-2020 atau bisa langsung mengunduh melalui https://www.pertamina.com/Media/Upload/AJP/Formulir-Peserta-AJP-2020.pdf. 

Setelah mengisi formulir pendaftaran, peserta bisa mendaftar dan menyerahkan hasil karyanya melalui surel dengan alamat anugerah.jurnalistik@pertamina.com.

Baca juga: Dukung Pendidikan Inovatif PAUD Cilacap Selama Pandemi, Pertamina Bantu 32 Laptop
Baca juga: Pertamina Cilacap raih tiga penghargaan K3 Tahun 2020

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024