Rembang (ANTARA) - Manajemen PT Semen Gresik menekankan pentingnya AKHLAK sebagai nilai-nilai inti dan budaya perusahaan kepada seluruh karyawannya. 

Plt. Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, saat Zoom meeting, Rabu (15 September 2020) menyampaikan AKHLAK yang dimaksudkan adalah kependekan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, sebagai standar nilai perilaku yang menjadi pedoman dalam berbudaya kerja dalam mewujudkan spirit BUMN untuk Indonesia.

Menurut Muchamad Supriyadi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menetapkan AKHLAK sebagai nilai-nilai utama sekaligus pembentukan karakter di seluruh lingkungan BUMN. 

PT Semen Gresik, yang menjadi bagian dari BUMN, merupakan salah satu perusahaan yang proaktif dan berkomitmen menerapkan nilai AKHLAK serta mewajibkan karyawan untuk menerapkan budaya tersebut dalam perilaku kerja sehari-hari. 

Nilai-nilai yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir tersebut telah ditetapkan sebagai pedoman budaya kerja seluruh BUMN di bawah naungan Kementerian BUMN sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor : SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020.

"Hal ini juga sejalan dengan pelaksanaan transformasi human capital di Semen Indonesia Group (SIG). Nilai-nilai inti (core values) sebelumnya, diganti menjadi AKHLAK. Telah dimulai sejak tanggal 31 Juli 2020. Bukan hanya sekadar slogan atau jargon," tuturnya.

Muchamad Supriyadi mencontohkan sikap-sikap yang mencerminkan AKHLAK, misalnya, selalu menjaga konsistensi, belajar dari kesalahan untuk menjadi lebih baik, terbuka atas masukan, memiliki keberanian, percaya diri, tetap rendah hati, dan bijaksana.

"Amanah kita pegang teguh kepercayaan. Kompeten ya terus belajar dan mengembangkan diri. Harmonis, kami saling peduli dan menghargai perbedaan. Loyal, tentu kami mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif, kita selalu berinovasi, kemudian yang terakhir kolaboratif, kami akan terus membangun kerja sama," terang Supriyadi.

Supriyadi menambahkan dengan konsisten menjalankan AKHLAK, akan meningkatkan daya saing perusahaan PT Semen Gresik sehingga nantinya mampu menjadi pemain global yang berkontribusi bagi kemajuan Indonesia. *** 
 

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024