Pekalongan (ANTARA) - Kepolisian Resor Pekalongan Kota dan Tentara Nasional Indonesia siap mengawal kebijakan pemerintah daerah setempat terkait penerapan tatanan normal baru di wilayah setempat.

"Kita terus memasifkan kegiatan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat agar memiliki kesadaran dan kesiapan dalam menghadapi tatanan normal baru hingga tingkat kelurahan," kata Kepala Polres Pekalongan AKBP Egy Andrian Suez di Pekalongan, Rabu.

Menurut dia, sesuai arahan Presiden bahwa untuk memastikan pelaksanaan kesiapan menuju tatanan normal baru perlu adanya sinergi Polri dengan TNI sebagai garda terdepan untuk mensosialisasikan pada masyarakat tentang hal itu.

Baca juga: Presiden tegaskan penerapan normal baru berdasarkan skala prioritas

"Melalui sosialisasi dan edukasi, kami anjurkan masyarakat lebih mendisiplinkan untuk mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona," katanya.

AKBP Egy mengatakan sebagai upaya memperkuat kebijakan penerapan tatanan normal baru maka para kepala polsek agar mengerahkan personel Bhabinkamtibmas untuk memberikan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan pada masyarakat hingga level bawah.

"Manfaatkan betul seluruh kekuatan Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Babinsa, dan pemerintah desa melakukan sosialisasi protokol kesehatan pada masyarakat," katanya.

Kapolres menjelaskan sesuai Instruksi Presiden Joko Widodo, langkah yang dipersiapkan pemerintah dalam rangka menghadapi tatanan normal baru akan dilakukan bertahap.

"Oleh karena, pengerahan personel TNI-Polri untuk melakukan mengawasi dan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan di lapangan, khususnya terkait keharusan memakai masker, menjaga jarak, dan menghindarkan orang dari kerumunan," katanya.

Baca juga: Pengusaha bus pariwisata diminta lakukan penyesuaian normal baru
Baca juga: ASN Kota Pekalongan mulai kerja dengan tatanan normal baru

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024