Purwokerto (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa sebanyak 1.073 calon haji asal wilayah setempat telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020.

"Hingga Rabu 30 April 2020 yang merupakan hari terakhir pelunasan tahap pertama, ada 1.073 orang yang sudah melunasi BPIH," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Purwanto Hendro Puspito, di Purwokerto, Kamis.

Dia menjelaskan pelunasan tahap pertama adalah untuk calon haji yang telah melunasi namun menunda keberangkatan tahun sebelumnya dengan tetap melakukan konfirmasi ulang ke bank penerima setoran BPIH dan menunjukkan bukti setoran pelunasan tahun sebelumnya.

Selain itu juga diperuntukkan bagi calon haji yang memiliki porsi dan masuk dalam alokasi kuota tahun 2020 dengan ketentuan belum pernah menunaikan ibadah haji, dan telah berusia 18 tahun atau sudah menikah.

Sementara pelunasan BPIH tahap kedua diperuntukkan bagi calon haji yang masuk tahap pertama namun saat pelunasan mengalami kegagalan sistem.

Selain itu juga diperuntukkan untuk calon haji yang nomor porsinya telah masuk alokasi kuota tahun 2020 yang sudah berstatus haji.

Selain itu, calon haji yang belum melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua atau calon haji yang belum berstatus istithaah dan pada tahap kedua ditetapkan telah memenuhi istithaah kesehatan.

"Selain itu calon haji sebagai pendamping bagi lansia dan penggabungan suami atau istri dan anak kandung terpisah, yang telah melunasi tahap pertama atau bukan cadangan," katanya.

Selain itu, diperuntukkan bagi calon haji nomor porsi berikutnya berdasarkan data siskohat bila terdaftar sisa kuota dan harus mengisi surat pernyataan di Kantor Kemenag Banyumas sebelum melakukan pelunasan di bank penerima setoran BPIH.

Dia mengatakan bahwa besaran BPIH Kabupaten Banyumas sesuai besaran per embarkasi pada tahun 2020 ini adalah sebesar Rp35.972.602.

Baca juga: Calhaj asal Banyumas masuki tahapan pembuatan paspor

Baca juga: Calhaj Banyumas diimbau periksa kesehatan di puskesmas


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024