Semarang (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan atau yang sekarang dipanggil dengan BPJAMSOSTEK melalui Yayasan Al Maghfiroh membagikan 1.500 paket sembako dan kebutuhan pokok kepada para masyarakat prasejahtera dan pekerja rentan yang terdampak pandemi COVID-19.

Penyerahan bantuan sembako dan kebutuhan pokok secara virtual dalam video conference tersebut serentak dilakukan di 11 kantor wilayah dan kantor pusat dipimpin oleh Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz, Jumat.

Ke-11 kantor wilayah dan kantor pusat tersebut yakni Jakarta, Medan (Sumbagut), Batam (Sumbariau), Palembang (Sumbangsel), Serang Raya (Banten), Jakarta (DKI), Bandung (Jawa Barat), Semarang (Kanwil Jateng dan DIY), Surabaya dan Sidoarjo (Jawa Timur), Denpasar (Banuspa), Balikpapan (Kalimantan), dan Makasar (Sulawesi).

Di Semarang, kegiatan berlangsung di lantai 3 Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jalan Pemuda Semarang. 

Dalam kesempatan tersebut Naufal Mahfudz mengatakan penyerahan santunan paket sembako dan kebutuhan pokok dengan mengandeng Rumah Zakat tersebut total nilai mencapai Rp600 juta.

Naufal menjelaskan tidak hanya bantuan sembako dan kebutuhan pokok, Yayasan Al Maghfiroh sebelumnya juga telah melakukan sejumlah kegiatan seperti penyemprotan cairan disinfektan, memberikan bantuan alat pelindung diri atau APD, serta suplemen kepada tim medis.

Baca juga: Ahli waris sopir ambulans Baznas Grobogan terima klaim JKM dan JHT

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY Suwilwan Rachmat menambahkan 1.500 paket tersebut, masing-masing kantor wilayah mendapatkan jatah 100 paket yakni paket Kado Lebaran Yatim (KLY) 50 paket dan Bingkisan Lebaran Keluarga Pra sejahtera (BLK) 50 paket.

"Yayasan Al Maghfiroh adalah yayasan yang ada di bawah BPJAMSOSTEK tempat karyawan menyalurkan zakat, infak, dan sodaqoh. Banyak yang sudah dilakukan mulai dari penyemprotan disinfektan, bantuan APD, suplemen ke tenaga medis, dan ini merupakan rangkaian kegiatan tersebut," kata Willy, panggilan akrab Suwilwan Rachmat.

Untuk di Kanwil Jateng dan DIY, lanjut Willy, bantuan paket sembako dan kebutuhan pokok dikelola BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Majapahit untuk diserahkan kepada 100 penerima dengan masing-masing paket senilai Rp400 ribu.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Majapahit Imron Fatoni menambahkan para penerima bantuan berlokasi di Mranggen dan sekitar Kantor BPJAMSOSTEK Semarang Cabang Majapahit.

"Kami berharap bantuan ini bisa menambah kesejahteraan dan mengurangi dampak akibat adanya wabah COVID-19," kata Imron Fatoni.

Imron Fatoni menjelaskan tidak hanya bantuan sembako dan kebutuhan bahan pokok, tetapi BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Majapahit di tengah pandemi COVID-19 sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan berupa beras dan masker baik itu untuk masyarakat di Kota Semarang serta Kabupaten Demak.

Baca juga: Ini dia cara mudah ajukan klaim JHT

Aris Ristian, Kepala Kanwil Rumah Zakat Jateng menyampaikan terima kasih atas kepercayaan BPJAMSOSTEK kepada Rumah Zakat.

"Terima kasih atas kepercayaannya kepada kami. Menemukan orang baik menjadikan kami bahagia luar biasa. Semoga ini bermanfaat, menjadi ladang jariah, dan seluruh karyawan BPJAMSOSTEK selalu diberikan kesehatan serta keberkahan," kata Aris.

Ikut hadir dalam kesempatan tersebut, Andy Heriamsah selaku Kabid Umum & SDM BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit.

Baca juga: Hindari calo, BPJAMSOSTEK permudah klaim JHT dengan Protokol Lapak Asik

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024