Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menyiapkan sebanyak 73 paket sembako yang akan dibagikan pada warga terdampak virus corona jenis baru (COVID-19).

"Sebanyak 73 ribu paket sembako ini akan dibagikan dalam dua tahap, yaitu April 2020 dan Mei 2020 kepada warga terdampak virus corona," kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di Pekalongan, Kamis.

Menurut dia, selain dari pemkab, paket sembako ini juga akan diberikan oleh Gerakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Berbagi, tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility, dan Baznas.

Baca juga: Polda Jateng bagikan 690 paket sembako untuk warga terdampak COVID-19

"Jika sinergi ini berjalan terus maka tentunya akan membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19," katanya.

Asip mengatakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap rakyat, pemkab juga mengusahakan bantuan kebutuhan pokok pada warga Kabupaten Pekalongan yang berada di Jakarta.

"Saya sudah berkomunikasi dengan para anggota DPR RI yang mewakili daerah domisili Kabupaten Pekalongan di Jakarta untuk bersama-sama membantu saudara-saudara kita yang tidak mudik. Ada sekitar 200 orang yang tergabung pada Paguyuban Warga Kabupaten Pekalongan di Jakarta," katanya.

Ia mengatakan bahwa ada sekitar 28.000 warga yang sudah mudik ke kampung halamannya yang perlu mendapatkan bantuan paket sembako.

"Oleh karena, kita bersama pengurus paguyuban warga Pekalongan, dan para anggota DPR RI di Jakarta untuk ikut membantu mereka," katanya.

Ia menambahkan untuk aspek kesehatan, pemkab segera membuka rumah sakit rujukan untuk pasien orang dalam pantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di Puskesmas Wonokerto 2.

Baca juga: Polresta Pekalongan bagikan 500 paket sembako warga terdampak COVID-19

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024