Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk mencegah virus corona jenis baru (Covid-19) dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Salah satu cara untuk mencegah berbagai penyakit termasuk juga mencegah corona adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Rabu.

Bupati juga mengingatkan perlunya masyarakat menerapkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun.

"Perlu membudayakan cuci tangan pakai sabun terutama sebelum makan serta menggunakan masker bagi mereka yang sedang sakit flu dan batuk," katanya.

Selain itu, bupati juga mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh yang baik dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan juga olah raga.

Baca juga: Cegah virus corona, KAI Purwokerto sediakan cairan pembersih tangan di stasiun

"Virus corona dapat dicegah dengan imunitas tubuh yang baik. Oleh karena itu, masyarakat perlu terus menjaga stamina tubuh dengan konsumsi gizi seimbang yang perlu terus menjadi perhatian," katanya.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan terus mendorong masyarakat di wilayah itu agar senantiasa menerapkan PHBS dan gerakan masyarakat hidup sehat.

"Penerapan PHBS dan juga gerakan masyarakat hidup sehat akan terus didorong lagi agar dapat menjadi gaya hidup masyarakat di wilayah ini," katanya.

Bupati menambahkan pihaknya juga akan terus meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai Covid-19.

"Edukasi mengenai virus corona harus dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan agar masyarakat makin paham, namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai menimbulkan kepanikan," lanjutnya.

Bupati mengingatkan bahwa masyarakat perlu waspada terhadap penyakit tersebut namun jangan sampai panik yang berlebihan.

Baca juga: Terkait COVID-19, Uskup Semarang usulkan penyesuaian tata cara ibadah
Baca juga: Sosiolog: Lindungi data pasien diduga COVID-19


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024