Semarang (ANTARA) - Sebanyak 49.304 pendaftar akan mengikuti tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Provinsi Jawa Tengah setelah dinyatakan lolos tahapan sebelumnya yaitu seleksi administrasi.

"Total yang lolos administrasi dan akan ikut tes 49.304 orang, mereka yang ikut ujian seleksi kompetensi dasar," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah Wisnu Zaroh di Semarang, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa seleksi kompetensi dasar CPNS Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Formasi Tahun 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2020 hingga 4 Maret 2020 di Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Baca juga: 12.898 CPNS Kabupaten Tegal ujian CAT di Udinus

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019 ada dua macam tes yakni tes kompetensi dasar (TKD) atau seleksi kompetensi dasar (SKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) atau seleksi kompetensi bidang (SKB).

Untuk materi TKD antara lain, wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum dan tes karakter pribadi.

Nantinya pada pelaksanaan SKD aka ada 66 sesi dengan jumlah sesi per hari 4-5 sesi, sedangkan jumlah peserta tiap sesi sebanyak 750 peserta.

"Kesiapan pelaksanaan tes sudah 90 persen, kemarin kita sudah rapat di lokasi di Donohudan, sudah matang," ujarnya.

Peraturan mengikuti tes yang harus dipatuhi pendaftar antara lain, tidak boleh memotret selama tes berlangsung, dilarang membawa ponsel.

"Mereka hanya datang badan dengan seragam putih dan hitam. Sama KTP dan kartu peserta. Setiap masuk, ada 'screening' atau 'metal detector', smua tas peserta dititipkan. Kalau bisa malah enggak usah bawa tas malah bagus," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wisnu mengimbau peserta agar jangan percaya pada orang-orang yang  menjanjikan akan bisa meloloskan dengan imbalan tertentu.

"Jangan sampai percaya, kita bersih, dan transparan, bahkan setelah pengumuman, tes dia selesai, keluar, bisa melihat hasilnya.dan itu bisa dilihat siapapun hasilnya," ujarnya.

Baca juga: 1.800 orang tes CPNS Kota Surakarta di UNS
Baca juga: Ribuan CPNS Pemkot Semarang jalani uji kompetensi dasar
 

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024