Purwokerto (ANTARA) - Akademisi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Jawa Tengah, Muridan mengingatkan bahwa peringatan tahun baru merupakan momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi diri.

"Tahun baru merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan muhasabah atau evaluasi diri," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto itu menjelaskan, selama kurun waktu satu tahun biasanya seseorang mempergunakan waktunya untuk melakukan berbagai aktivitas.

"Dalam satu tahun setidaknya seseorang akan menghabiskan waktu tidak kurang dari 365 hari untuk berbagai aktivitas, mulai pagi sampai malam, mulai hari Senin sampai Minggu. Maka kini saatnya evaluasi diri atas aktivitas selama satu tahun terakhir," katanya.

Dengan demikian, kata dia, akan dapat diketahui apakah aktivitas yang telah dilakukan selama setahun terakhir banyak bermanfaat bagi kemanusiaan.

"Dari situ bisa melakukan evaluasi apakah sudah melalukan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan, karena sebaik-baik manusia itu adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Sulit rasanya memperbaiki diri jika tidak tahu apa yang perlu diperbaiki. Aktivitas apa saja yang telah kita lakukan dalam satu tahun belakangan," katanya.

Dia menambahkan, peringatan tahun baru sebaiknya jangan hanya diisi dengan tradisi hura-hura saja namun perlu juga diisi dengan sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi kemanusiaan.

"Boleh merayakan tahun baru namun sebaiknya dengan cara yang sewajarnya dan perlu juga tetap diisi dengan sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi kemanusiaan," katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa tahun baru merupakan momentum yang tepat untuk menjadi pribadi yang lebih baik pada tahun-tahun mendatang.

"Prinsip yang harus dipegang adalah bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari sekarang dan tahun yang akan datang harus lebih baik dari tahun yang lalu. Selain itu perlu menggunakan waktu untuk kegiatan yang positif dan untuk kemanusian," katanya.

Baca juga: Cilacap bakal pesta kembang api sambut Tahun Baru

Baca juga: Musim libur Tahun Baru 2020 diprakirakan banyak guyuran hujan


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024