Purwokerto (ANTARA) - Ratusan jemaat terlihat antusias mengikuti pelaksanaan misa sore di Gereja Katedral Kristus Raja, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada Rabu.

Menurut pantauan di lokasi, ratusan jemaat mulai memadati gereja sejak pukul 17.00 waktu setempat.

Pada perayaan Natal tahun 2019 ini Gereja Katedral Kristus Raja menyelenggarakan misa sebanyak tiga kali. Yakni misa pagi mulai pukul 06.00 WIB, misa untuk anak-anak pada pukul 08.00 WIB, dan misa sore mulai pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, Rm Yusuf Widiarko, Pr yang memimpin pelaksanaan misa mengatakan sesuai dengan tema Natal "Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang" maka jemaat yang hadir diimbau untuk bisa bersahabat dengan semua orang dan merawat Bhineka Tunggal Ika.

Baca juga: Rebana santri iringi misa Natal di Gereja Mater Dei Semarang

Baca juga: Kardinal Pimpin Misa 90 Tahun OSF Muntilan

"Mari bersahabat dengan siapapun, dengan semua orang dan bersama-sama merawat Bhineka Tunggal Ika," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengajak seluruh jemaat yang hadir untuk lebih peka dengan kondisi lingkungan sekitar termasuk mendukung upaya pelestarian lingkungan.

"Kami juga mengajak seluruh jemaat untuk ikut berperan serta dalam mengelola sampah plastik, kami sudah memulainya dengan membuat ecobrick untuk pohon Natal," tambahnya.

Selama pelaksanaan Misa sore tersebut, petugas kepolisian berjaga di sekitar gereja. Misa berlangsung aman hingga akhir acara.

Kapolsek Purwokerto Timur, Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah, Kompol Abdul Rojak, S.H., M.H mengatakan pelaksanaan misa Natal di wilayah Purwokerto Timur termasuk di Gereja Katedral berlangsung aman dan kondusif.

"Saya turun langsung memantau kondisi di lapangan sejak hari pertama pengamanan, semuanya aman bahkan laporan kehilangan atau apapun tidak ada, semuanya berlangsung lancar dan kondusif," sebutnya.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024