Semarang (ANTARA) - BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Semarang Majapahit mengajak para perangkat desa di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah untuk mendaftarkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Salah satu upaya yang dilakukan di antaranya dengan melakukan kegiatan sosialisasi manfaat program program Jaminan Sosial Tenaga Kerja yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun(JP).

Kegiatan sosialisasi untuk para perangkat desa se-Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak tersebut berlangsung di Balai Desa Tloogosih, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, Selasa.

Kegiatan tersebut dihadiri 70 orang yang terdiri atas perwakilan 14 Desa di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, yaitu Desa Babad, Desa Kebonagung, Desa Klampok Lor, Desa Mangunan Lor, Desa Mangunrejo, Desa Megonten, Desa Mijen, Desa Pilangwetan, Desa Prigi, Desa Sarimulyo, Desa Soko Kidul, Desa Solowire, Desa Tlogosih, dan Desa Werdoyo.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Majapahit Imron Fatoni menjelaskan tujuan utama dilaksanakan kegiatan tersebut adalah seluruh perangkat desa di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak dapat mengikuti semua program dari BPJS Ketenagakerjaan yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun.

Baca juga: BPJAMSOSTEK KCP Grobogan sasar pekerja koperasi

Dengan didaftarkannya seluruh perangkat desa di Kecamatan Kebonagung, lanjut Imron, diharapkan mereka dapat terlindungi ketika bekerja dan meningkatkan kesejahteraan perangkat desa di hari tua.

“Ada contoh beberapa kasus perangkat desa yang sudah merasakan manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan termasuk ada yang meninggal, ahli waris tersebut menerima santunan Jaminan Pensiun secara berkala seumur hidupnya," kata Imron.

Imron menambahkan dengan diselenggarakan kegiatan itu diharapkan dapat memberikan kesadaran mengenai betapa pentingnya peran BPJS Ketenagakerjaan dan semua desa di Kecamatan Kebonagung bisa mengikuti 4 program BPJS Ketenagakerjaan dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Demak.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Kepala Desa di Kecamatan Kebonagung serta Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Majapahit Semedi Yuliantoro.

Baca juga: BPJAMSOSTEK ingatkan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan ke perangkat desa

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024