Magelang (ANTARA) - Laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang Tahun 2018 meraih kembali penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kanwil Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kanwil DJPK Provinsi Jateng Sulaimansyah di Magelang, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya telah diamanahi Menteri Keuangan untuk menyerahkan penghargaan kepada Pemkab Magelang yang telah mempertanggungjawabkan laporan keuangan daerah dengan standar tertinggi.

"Saya kira penghargaan ini sudah tiga kali berturut-turut diraih oleh Pemkab Magelang. Ini luar biasa dan kami mengapresiasi atas pengelolaan keuangan di Kabupaten Magelang," katanya usai menyerahkan penghargaan opini WTP LKPD Tahun 2018 kepada Bupati Magelang.

Tidak seperti biasanya penyerahan penghargaan ini dilangsungkan di Jakarta, karena Presiden Joko Widodo meminta agar penghargaan tersebut langsung diserahkan kepada kepala daerah di kabupaten/kota, sekaligus untuk melihat perkembangan di tiap-tiap daerah.

Baca juga: Bupati Banjarnegara ajak jajarannya pertahankan prestasi pengelolaan keuangan

Baca juga: Banyumas sukses terima predikat WTP kedelapan kalinya

Baca juga: Standar tinggi kelola keuangan, Pemkot Magelang terima penghargaan

Ia juga mengapresiasi Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang yang selama ini telah bersinergi terkait dengan data laporan keuangan daerah.

"Data keuangan daerah ini sangat berarti bagi kami dalam rangka untuk menyusun laporan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," katanya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan bahwa keberhasilan Pemkab Magelang dalam mempertahankan penghargaan opini WTP tersebut tidak terlepas dari pembinaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam rangka mengelola keuangan secara good governance.

"Kami dengan sekuat tenaga akan mempertahankan opini ini. Kami mohon doanya agar keuangan yang ada ini diharapkan ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024