Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berpeluang hujan hingga sepekan ke depan.

"Ada potensi hujan di Banjarnegara pada Jumat (18/10) hingga sepekan ke depan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Kamis.

Dia mengatakan peluang hujan di wilayah setempat masih bersifat lokal dengan intensitas rendah.

BMKG memprakirakan Kabupaten Banjarnegara saat ini mulai memasuki awal musim penghujan.

"Sebagian Banjarnegara mulai memasuki awal musim penghujan pada Oktober dasarian dua namun ada juga sebagian wilayah yang baru akan mulai memasuki awal musim penghujan pada Oktober dasarian tiga," katanya.

Baca juga: BMKG: Banjarnegara berpeluang hujan lokal

Dia menambahkan pada Jumat (18/10) seluruh wilayah di Banjarnegara diprakirakan memiliki peluang hujan pada sore hingga malam hari.

"Sebagian besar berpeluang hujan pada malam hari dengan intensitas rendah dan bersifat lokal," katanya.

Pada Jumat (18/10) pagi, kata dia, seluruh wilayah di Banjarnegara diprakirakan cerah berawan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara terus mengintensifkan distribusi air bersih ke wilayah kekeringan menyusul masih tingginya permintaan dari masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan hingga saat ini ada 10 kecamatan yang terdampak kekeringan dan mengalami krisis air bersih.

Sebanyak 10 kecamatan tersebut, antara lain Madukara, Banjarnegara, Pagedongan, Bawang, Punggelan, Purwanegara, Susukan, Wanadadi, Purwareja Klampok, dan Mandiraja.

Baca juga: Banjarnegara diprakirakan berpeluang hujan kategori rendah sepekan ke depan
Baca juga: Apil, Banjarnegara masih berpeluang hujan


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024