Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, berpeluang terjadi hujan ringan yang bersifat lokal pada Kamis (29/8) sore atau menjelang malam hari.

"Ada peluang hujan ringan yang bersifat lokal di sejumlah kecamatan yang ada di Banjarnegara," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Kamis.

Dia menyebutkan, kecamatan yang berpeluang hujan antara lain Batur, Bawang, Karangkobar, Pagentan, Pejawaran dan Wanayasa.

"Sementara Kecamatan Mandiraja dan Susukan berpeluang berawan," katanya.

Dia mengatakan, peluang hujan diharapkan dapat berdampak positif terhadap sejumlah wilayah yang beberapa pekan terakhir ini mengalami kekeringan.

Dia menyampaikan, menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara ada 23 desa di 10 kecamatan yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih di wilayah Banjarnegara.

Baca juga: BMKG sebut pergerakan angin picu hujan lokal di Jateng

"Karena itu peluang hujan diharapkan berdampak positif bagi upaya penanggulangan kekeringan di wilayah Banjarnegara," katanya.

Sementara itu, dia juga menambahkan, sebagian wilayah di Kabupaten Banjarnegara khususnya wilayah Barat diperkirakan sudah memasuki awal musim hujan pada bulan Oktober 2019.

Dia menambahkan, pada akhir September 2019 sebagian wilayah di Kabupaten Banjarnegara sudah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Selain Banjarnegara, kata dia, kabupaten lain di sekitarnya seperti Banyumas dan Purbalingga juga akan memasuki musim hujan pada bulan Oktober.

Untuk itu, kata dia, masyarakat diminta mewaspadai anomali cuaca pada musim peralihan nanti.

"Masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada, terutama yang tinggal di wilayah rawan bencana tanah longsor," katanya.

Baca juga: Oktober, Banjarnegara masuk musim hujan


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024