Boyolali (ANTARA) - Polres Boyolali menambah kekuatan dengan diterimanya satu unit kendaraan Armored Water Cannon (AWC) dari Mabes Polri untuk digunakan sebagai pelaksanaan operasi represif hingga tugas kemanusiaan.

Kepala Polres Boyolali AKBP Kusumo Wahyu Bintoro di Boyolali, Jumat, mengatakan, pihaknya mendapat satu unit kendaraan AWC dengan pertimbangan, karena wilayah hukum Polres Boyolali terdapat berbagai objek vital, antara lain Depo Pertamina, dan Bandara Adi Soemarmo.

Menurut Kapolres, kendaraan taktis berkapasitas angkut 6.500 liter tersebut akan dipergunakan untuk mengurai konsentrasi massa, dengan jarak efektif semprotan air antara 50 meter hingga 70 meter.

Baca juga: Polisi halau massa di Jalan Brigjen Katamso Petamburan
Baca juga: Salurkan bantuan air bersih, Polres Banyumas kerahkan "water canon" (VIDEO)

Kendaraan taktis tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk pengamanan Pilkada Boyolali 2020, dan siap digunakan mengamankan jalannya pemilihan bupati agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

"Kendaraan taktis ini, selain fungsi represif, juga dapat digunakan untuk tugas-tugas kemanusiaan, antara lain dropping air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan, perbantuan untuk pencegahan dan pem‎adaman bencana kebakaran hingga untuk menyiram tanaman," katanya.

Bahkan, kendaraan tersebut juga dapat dipergunakan untuk sarana edukasi pengenalan tugas-tugas kepolisian, baik kepada para siswa sekolah maupun masyarakat umum.

"Kami berharap dengan kehadiran kendaraan multi fungsi ini, mampu meningkatkan moral dan semangat personelnya dalam menjalankan fungsinya," katanya.

Baca juga: Polres Temanggung Gelar Lomba Tarik Water Canon
Baca juga: Polres Boyolali pantau kebakaran Merbabu

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024