Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak sembilan mahasiswa Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan kunjungan studi ke Sri Maha Sarakham Nurse College, Thailand, 1-9 September 2019.

"Tahun ini, kita kirimkan kembali sembilan mahasiswa Profesi Ners untuk mengikuti kegiatan kunjungan studi," kata Penanggung Jawab Program Internasional Profesi Ners Fikes UMP Ns. Dedi Purwito, M.Sc., Ph.D. di Purwokerto, Rabu.

Ia mengatakan banyak kegiatan yang dilakukan mahasiswa Profesi Ners UMP saat kegiatan berlangsung, antara lain mendapatkan materi tentang sistem kesehatan di Thailand, simulasi di laboratorium, serta kunjungan ke tiga rumah sakit di sekitar Sri Maha Sarakham Nurse College, yakni Sri Mahasarakam Hospital, Roe It Hospital, dan Borabu Hospital.

"Selain ke Thailand, kita juga telah menjalin kerja sama dengan Filipina, China, dan Taiwan. Untuk semester depan, Program Studi Ners Fikes UMP sudah mempersiapkan agenda ke Khon Kaen University di Thailand," katanya. 

Sementara itu, Ketua Program Studi Profesi Ners Fikes UMP Ns. Siti Nurjanah, M.Kep., Sp.Kep.J. mengatakan kegiatan internasional tersebut sudah berlangsung lebih dari lima tahun.

Menurut dia, kegiatan-kegiatan yang berlangsung di antaranya konferensi internasional untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam membuat jurnal ilmiah atau mempublikasikan hasil penelitiannya serta kunjungan studi mahasiswa ke luar negeri dengan mengirimkan tujuh mahasiswa di Khon Kaen University selama satu bulan dan sembilan mahasiswa ke Sri Maha Sarakham Nurse College.

"Kegiatan bertaraf internasional adalah salah satu langkah kami untuk meningkatkan kualitas lulusan dengan pengalaman belajar di luar negeri, khususnya mahasiswa belajar tentang sistem kesehatan di sana sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem kesehatan di Indonesia, lebih spesifik mahasiswa melihat dari sudut perawat," katanya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, kata dia, mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman yang lebih luas dan membuka wawasan yang lebih lagi karena dunia kerja perawat sangat luas, sehingga perlu memiliki kelebihan untuk dapat bersaing. (tgr)

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024