Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) untuk ikut menyelesaikan berbagai permasalahan mengenai kesehatan di provinsi setempat.

"Kesehatan memang jadi pekerjaan besar kita. Nah saya memberi PR (pekerjaan rumah) kepada Perkesmas untuk membantu mereformulasi kebijakan kesehatan," kata Ganjar di Semarang, Sabtu.

Perkesmas merupakan salah satu upaya puskesmas untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat berbasis ilmu keperawatan dan kesehatan masyarakat.

Ranah kerjanya berkesinambungan yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk ikut meningkatkan fungsi kehidupan manusia secara optimal sehingga mandiri dalam upaya kesehatannya.

Orang nomor satu di Jateng itu menyebutkan salah satu masalah yang sering muncul di sektor kesehatan adalah pendataan masyarakat beserta klaster penyakitnya, mulai dari tingkat yang ringan hingga kategori parah.

"Jika hal tersebut bisa dikuasai datanya, gerak penanganan kesehatan masyarakat jadi terukur, dari segi infrastruktur hingga anggaran, apalagi Perkesmas saat ini telah memiliki data kesehatan yang mencapai 61 persen," ujar mantan anggota DPR RI itu.

Dengan dikuasainya 61 persen data kesehatan tanah air, lanjut Ganjar, maka apa yang sudah Perkesmas lakukan perlu didorong lebih jauh oleh pemerintah daerah agar penyelesaian persoalan kesehatan tepat sasaran.

"Pendataan yang ada di kecamatan, bagaimana perkembangan kondisi masyarakatnya, klaster penyakit. Indonesia bisa jauh lebih sehat jika data kita kesehatan yang benar agar bisa mendorong siapa yang 'menghandle'," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Jika hal tersebut terealisasi, menurut Ganjar bukan tidak mungkin anak-anak yatim, fakir miskin, anak telantar, dan orang yang sakit keras dipelihara negara.

"Semoga Perkesmas ini bisa cepat menyelesaikan masukan apa-apa yang mesti kita benahi karena kan hari ini baru mereka bahas. Semakin cepat ya semakin baik," ujarnya.(LHP)

Baca juga: Generasi milenial diminta jaga kesehatan reproduksi sejak dini
Baca juga: Pemprov Jateng berinovasi untuk tingkatan mutu kesehatan rakyat

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024