Temanggung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bakal membentangkan Bendera Merah Putih berukuran raksasa 30 x 45 meter di Jembatan Kereta Api di atas Sungai Progo Temanggung, pada Sabtu (17/8).

Ketua Harian Panitia Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Kabupaten Temanggung Djoko Prasetyo di Temanggung, Jumat mengatakan pembentangan bendera ukuran besar tersebut rencananya dilakukan sejumlah pemuda yang telah terlatih.

Ia mengatakan pembentangan Bendera Merah Putih berukuran 30 x 45 meter akan dilakukan setelah penyelenggaraan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Alun-Alun Temanggung.

Baca juga: Di Monumen Perjuangan, seribuan siswa kibarkan bendera sambut Kemerdekaan RI

"Nanti untuk prosesi penyelenggaraan di Taman Kaliprogo Temanggung," katanya.

Menurut dia Bendera Merah Putih berukuran jumbo itu telah siap untuk dikibarkan. Petugas yang akan melakukan pembentangan juga sudah dipersiapkan.

Ia berharap dengan pembentangan bendera raksasa tersebut dapat semakin menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme serta kecintaan warga di Kabupaten Temanggung kepada bangsa dan negara Indonesia.

Ia menuturkan pembentangan bendera sengaja dilakukan di lokasi Jembatan KA Progo atau yang dikenal sebagai Jembatan Mbeling. Selain lokasinya tepat, tempat tersebut juga merupakan tempat bersejarah yang perlu diketahui masyarakat luas.

Baca juga: Bupati Batang kibarkan Merah Putih di dalam air

Sungai Progo merupakan tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu pembantaian mujahid Indonesia oleh pasukan Belanda.

Untuk lokasi Taman Kaliprogo juga sangat strategis, karena berada di pinggir Sungai Progo, yang merupakan ruang terbuka hijau berfungsi sebagai tempat istirahat  bagi pengunjung yang melintas dari Temanggung-Magelang atau sebaliknya.

"Momentum HUT Kemerdekaan RI ini semoga bisa menjadi semangat bersama-sama untuk memajukan daerah dan bangsa ini," katanya.

Baca juga: Jelang HUT RI, perajin bendera di Solo banjir pesanan

Ia menyampaikan menjelang upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, pihaknya telah mengukuhkan para Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Temangung Tahun 2019, yang dilakukan Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq dengan disaksikan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan perwakilan kepala SMA se-Temanggung.

Selain itu, dalam momentum HUT ke-74 Kemerdekaan RI Pemkab Temanggung juga bakal menggelar pawai budaya di jalan protokol Temanggung pada 25 Agustus 2019.

Ia mengatakan pawai budaya bakal diikuti puluhan kelompok kesenian dari aparat pemerintah, pelajar serta masyarakat. Pawai budaya ini diharapkan bisa untuk melestarikan potensi kesenian di Temanggung.

Baca juga: Siswi berjilbab anggota Paskibraka bisa kenakan celana panjang



 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024