Boyolali (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menggelar pameran pendidikan diikuti 10 museum dari berbagai daerah di Indonesia, bertempat di Pendopo Gede Kabupaten Boyolali mulai Senin hingga Jumat (27/7).

Pameran pendidikan yang mengambil tema "Museum Turut Mencerdaskan Generasi Bangsa” tersebut, dibuka Wakil Bupati Boyolali M. Said Hidayat dan dihadiri ribuan siswa mulai tingkat TK, SD, SMP hingga SMA di Boyolali.

Manajer Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Imam Bari' Wafa'ul Wafa mengatakan pameran pendidikan museum di sekolah tersebut terselenggara berkat kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali dengan Museum Listrik dan Energi Baru TMII.

Ia mengatakan pameran di Boyolali tersebut sebagai pameran museum terlengkap di Indonesia.

"Pameran di Boyolali ini, terlengkap dari sekian kabupaten yang dilaksanakan. Semoga memberikan kontribusi pendidikan siswa di Boyolali," katanya.

Dia mengatakan 10 museum tersebut, antara lain Museum Trasportasi, Museum DPR RI, Museum Olahraga Nasional, Museum Kesejarahan Jakarta, Museum Penerangan, Museum Serangga.

Selain itu, Museum Sumpah Pemuda, Museum Basoeki Abdullah, Museum Tragedi 12 Mei Universitas Trisakti Jakarta, serta Museum R. Hamong Wardoyo Boyolali sebagai tuan rumah.

Baca juga: Tujuh museum ikut pameran keliling Museum Ranggawarsito

Wabup Said Hidayat berharap, seluruh museum peserta pameran mampu memberikan ilmu pengetahuan kepada pelajar yang berkunjung di areal pameran itu.

"Kami berharap pameran ke depan makin lengkap lagi, sehingga akan lebih banyak lagi diminati pelajar yang hadir dalami pameran ini," katanya.

Dia berharap, generasi penerus mampu untuk memahami tentang apa dan makna serta bagaimana perjalanan sejarah Bangsa Indonesia melalui pameran museum itu.

Pada acara pembukaan pameran museum tersebut, Wabup Said Hidayat bersama para pejabat yang hadir berkesempatan memainkan boneka cerita Unyil yang sering dimainkan di televisi. 

Baca juga: Koleksi Museum Patiayam ikut pameran keliling Museum Ronggowarsito
Baca juga: Enam museum pameran sejarah dan budaya di Temanggung
Baca juga: 40 Pelukis Muda Pameran Revitalisasi Museum Widayat

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024