Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah dan kabupaten lain di sekitarnya kondisi cuaca diprakirakan berawan pada Minggu (9/6).

"Banjarnegara dan kabupaten lain seperti Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Purworejo dan Kebumen diprakirakan berawan pada Minggu," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Sabtu.

Selain itu, kata dia, wilayah lain di Jawa Tengah seperti Wonosobo, Sukoharjo, Wonogiri, Magelang, Surakarta, Salatiga juga diprakirakan berawan.

"Wilayah lain di Jawa Tengah pada umumnya juga berawan, ada potensi kabut di wilayah pegunungan pada pagi hari," katanya.

Sementara itu, kata dia, tinggi gelombang di Laut Jawa sekitar 0,2 hingga 1,25 meter. Tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah sekitar 2 meter lebih.

Sementara itu, BMKG kembali menginformasikan bahwa wilayah Provinsi Jawa Tengah telah memasuki pancaroba atau masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sehingga tren curah hujan terus menurun.

Kendati demikian, BMKG terus mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada mengingat masih ada kemungkinan terjadinya hujan lebat dan cuaca ekstrem.

"BMKG meminta masyarakat untuk tidak panik namun selalu meningkatkan kewaspadaan karena masih ada potensi hujan lebat, angin kencang dan juga petir," katanya.

Terutama, kata dia, masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana.

"Masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana tanah longsor dan juga banjir harus tetap mewaspadai hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dengan durasi yang lama karena berpotensi memicu bencana banjir dan longsor," katanya.

***3***
T.W004


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024