Magelang (ANTARA) - Mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi Ternak Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) menjalani praktik materi osteologi pada mata kuliah anatomi fisiologi ternak, Selasa (7/5).

"Dengan mempelajari anatomi fisiologi tulang ternak, mahasiswa mampu menggambarkan jenis-jenis tulang dan mengetahui bagian-bagiannya," kata drh. Yudiani Rina Kusuma, MP selaku dosen pengampu prodi tersebut.

Didampingi oleh drh. Dias aprita dewi, M.Sc, mahasiswa melakukan identifikasi tulang sehingga mereka dapat mengetahui jenis tulang, bagian-bagiannya, kemudian dapat menggambar tulang tersebut serta memberi keterangan. 

Anatomi dan fisiologi pada dasarnya merupakan dua ilmu yang tidak dapat dipisahkan. Anatomi merupakan cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organ dari makhluk hidup. 

Anatomi ternak berarti ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh ternak secara keseluruhan maupun bagian-bagiannya serta hubungan alat tubuh yang satu dengan yang lain. 

Sementara itu, fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi tubuh secara lengkap dan fungsi semua bagian-bagian tubuh termasuk pula proses-proses biofisika dan biokimia yang terjadi di dalam tubuh. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fisiologi ternak adalah ilmu yang mempelajari fungsi tubuh ternak secara lengkap, fungsi semua bagian-bagian tubuh, serta proses biofisika dan biokimia yang terjadi pada tubuh ternak.(PolbangtanYoMa/Tantyanuar)



 

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024