Purwokerto (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah masih melakukan proses pendataan guna melengkapi persyaratan pengajuan visa bagi seluruh calon haji asal wilayah setempat.

"Pada saat ini masih berlangsung proses pendataan dan penggabungan seluruh persyaratan yang diperlukan guna memenuhi persyaratan pembuatan visa haji, jika sudah tuntas baru akan kami lanjutkan tahapan berikutnya," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Banyumas, Purwanto Hendro Puspito, di Purwokerto, Rabu.

Dia menjelaskan, apabila seluruh persyaratan dan pendataan sudah lengkap pihaknya akan mengusulkan pengajuan visa haji pada pertengahan bulan Mei 2019.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga tengah mengumpulkan fotokopi kartu vaksin meningitis dengan bantuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

"Selain itu kami juga tengah mengumpulkan data paspor dan setoran lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji atau BPIH," katanya.

Tahapan selanjutnya setelah semuanya tuntas, kata dia, adalah menunggu konsep kelompok terbang (kloter) bagi calon haji asal Banyumas.

Sementara itu, dia juga mengingatkan, bahwa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji akan ditutup pada 10 Mei 2019.
"Bagi mereka yang termasuk dalam berhak lunas tahap dua silahkan segera melunasi," katanya.

Daftar nama calon haji yang berhak melunasi BPIH tahap kedua, tambah dia, telah diumumkan melalui website dengan alamat www.haji.kemenag.go.id.

Untuk itu, kata dia, pihaknya telah menyosialisasikan mengenai pelunasan BPIH tahap kedua kepada mereka yang namanya termasuk di dalam daftar.

"Bagi mereka yang belum melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua untuk menentukan status istithaah kesehatan silahkan mendatangi tim kesehatan haji kabupaten," katanya.

Sementara itu, besaran BPIH Kabupaten Banyumas sesuai besaran per embarkasi adalah Rp36.429.275.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024