Semarang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto menegaskan komitmennya untuk menyejahterakan para petani melalui berbagai program untuk meningkatkan hasil pertanian dan peternakan.

Hal tersebut disampaikan Tommy Soeharto saat turun langsung ke sawah untuk mengikuti panen raya bersama para petani di Desa Jambudesa, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

"Meski sudah ada dana desa, tapi nyatanya petani belum sejahtera, apalagi ada kebijakan pemerintah daerah yang menyulitkan seperti Kartu Tani. Karena itu, kami di sini membuktikan diri tak hanya janji-janji," katanya.

Panen raya yang digelar hari ini merupakan bukti komitmen Partai Berkarya pada kalangan petani.

Tommy yang juga Ketua Dewan Pembina Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara untuk periode hingga lima tahun mendatang ini turun ke sawah langsung bersama dengan Siti Hardijanti Indra Rukmana atau Mbak Tutut dan Bambang Trihatmodjo untuk memanen padi yang telah menguning.

Padi di lahan yang dipanen tersebut terlihat berbeda dibandingkan dengan yang ada di lahan lain karena padi tersebut tumbuh dengan pupuk cair organik Brigadium.

"Pupuk cair organik Brigadium yang dikembangkan oleh Mas Bambang telah terbukti mampu meningkatkan hasil panen petani. Selain hasilnya lebih banyak sekitar 50 persen, ongkos produksi dalam menanam padi hingga panen juga hemat sekitar 35 persen. Beras yang dihasilkan juga lebih bersih dan berisi," ujarnya.

Pimpinan Partai Berkarya lainnya, Bambang Trihatmodjo menambahkan, salah satu keuntungan lagi bagi petani dengan menggunakan pupuk Brigadium adalah, mereka tidak perlu membayar pada awal.

"Petani bisa membayar pupuk yang digunakan pada saat panen," katanya.
Bambang juga mengungkapkan, untuk satu hektare sawah hanya diperlukan sekitar 12 botol pupuk cair Brigadium dengan nominal sekitar Rp1 juta.

Menurut dia, jumlah itu tentu lebih kecil dibanding menggunakan pupuk kimia dan penggunaan pupuk organik jelas lebih ramah lingkungan.

Kabupaten Banyumas dan Purbalingga bakal dibanjiri kader Partai Berkarya karena selain panen raya juga bakal ada beragam agenda lainnya yang akan dilangsungkan partai bernomor urut tujuh tersebut.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024