Wonogiri (ANTARA) - Korem 074/Warastratama bekerja sama dengan Perum Jasa Tirta dan Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengadakan penghijauan dan pelestarian lingkungan dalam program Pemberdayaan Lahan Green Belt atau sabuk hijau, di Dusun Pokoh Kidul, Desa Purworejo, Wonogiri, Rabu.

Kegiatan itu, dihadiri Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay, Wakil Bupati Wonogiri Edi Santoso, jajaran Forkopimda Wonogiri, perwakilan Perum Jasa Tirta I Wonogiri, petani milenial, dan Kelompok Tani Ngudi Makmur Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri.

Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa mengucapan terima kasih kepada pihak TNI, khususnya Korem 074/Warastratama, yang telah ikut memikirkan Kabupaten Wonogiri dalam membantu penghijauan dan memberikan bibit buah alpukat, serai, dan srikaya jumbo untuk ditanam di wilayah Waduk Gajah Mungkur.

Penghijauan tersebut, katanya, wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat.
 
Dia mengharapkan kerja sama tersebut ditingkatkan tidak hanya di wilayah setempat, tetapi juga penanaman 100 ribu pohon bisa di taman di kawasan Waduk Gajah Mungkur.

"Kami berharap semoga dengan penanaman buah ini, dapat meningkatkan penghasilan daerah dan ekonomi kerakyatan," katanya.

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay mengatakan kegiatan tersebut wujud peran serta TNI untuk mengolah, memanfaatkan, dan melestarikan lingkungan, sekaligus mendukung program penghijauan nasional yang digalakkan oleh pemerintah.

"Kami, khususnya Korem 074/Warastratama, membantu program pemerintah dalam penghijauan serta membantu para petani dalam pengembangan pertanian yaitu dengan memberikan bibit buah-buahan untuk menunjang perekonomian rakyat," katanya.

Pihaknya juga akan menyiapkan pasar jika sudah masa panen buah-buahan.

"Kami berharap kegiatan ini, bisa menjadi contoh daerah lain," katanya.
 
Pihaknya juga berharap daerah tersebut dijadikan desa wisata sehingga dapat memunculkan banyak peluang pendapatan dan lapangan kerja bagi warga setempat.

Ia juga mengaku sudah memerintahkan para dandim di jajaran Korem 074/Warastratama untuk mencari lokasi pembuatan embung,yang nantinya dapat menampung dan mencukupi kebutuhan air bagi petani, saat musim kemarau, sehingga panen dapat lebih meningkat.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024