Purwokerto, 21/2 (ANTARA News) - Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Adhi Iman Sulaiman mengatakan pembangunan infrastruktur perlu melibatkan masyarakat agar hasil akhirnya sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan warga setempat.

"Pembangunan infrastruktur terutama di perdesaan perlu melibatkan masyarakat agar tidak timbul permasalahan di kemudian hari," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis. 

Adhi Iman Sulaiman yang merupakan dosen Komunikasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman itu mengatakan pelibatan masyarakat secara partisipatif dipadukan dengan program pemerintah yang prorakyat merupakan perpaduan yang ideal.

"Hal Itu merupakan implementasi dari model komunikasi pembangunan secara deliberatif," katanya.

Jika tidak ada komunikasi pembangunan yang partisipatif dan deliberatif, kata dia, maka dikhawatirkan pembangunan infrastruktur tidak sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan prioritas masyarakat. ? "Jangan sampai nantinya timbul permasalahan misalnya membangun infrastruktur tetapi terjadi alih fungsi lahan pertanian produktif. Seharusnya pembangunan infrastruktur mendukung tumbuhnya industri yang mendukung sektor pertanian yaitu agroindustri apalagi jika di desa setempat banyak masyarakat petani," katanya.

Dia juga mengingatkan, pembangunan infrastruktur di wilayah perdesaan juga perlu memprioritaskan sektor-sektor yang diperlukan masyarakat mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi sehingga hasil akhirnya tetap bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Sehingga desa tersebut tetap menjadi desa yang memiliki dan dapat mengembangkan potensi sumber daya yang dimiliki dan pada akhirnya dapat menopang ekonomi perkotaan serta dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat setempat," katanya. 

Pembangunan infrastruktur yang dipadukan dengan kebutuhan masyarakat, kata dia, sangat penting karena dapat mendukung sektor lainnya.

"Misalkan pembangunan infrastruktur yang disesuaikan bagi kebutuhan masyarakat desa, yaitu? akses jalan, jembatan, irigasi , pasar rakyat, gedung sekolah, puskesmas dan lain sebagainya," katanya.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024