Pekalongan (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, segera membangun Super Mal Tower seluas sekitar 2,6 hektare di bekas kantor Pendopo Bupati Pekalongan di Jalan Nusantara Nomor 1 Kota Pekalongan.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa pemkab akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Pekalongan terkait rencana pembangunan plaza itu karena lokasinya berada di wilayah Kota Pekalongan.   

"Rencananya, plaza 'Super Mal Tower ini, kita bangun pada tahun ini. Pemkab dan DPRD sudah menyetujui perencanaan pembangunan plaza ini, tinggal perlu berkoordinasi dengan Pemkot Pekalongan," katanya.

Menurut dia, pemkab ingin terus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) untuk kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan aset yang selama ini tidak terpakai untuk kegiatan kepegawaian seiring dengan berpindahnya kantor pemerintah Kabupaten Pekalongan ke Kajen.

Pemanfaatan aset bangunan yang dimiliki tersebut, kata dia, satu tujuan utamanya adalah mendongkrak PAD. 

"Banyak aset yang dimiliki Pemkab Pekalongan, antara lain pendopo bupati di Jalan Nusantara Kota Pekalongan. Oleh karena, aset tanah ini akan kami bangun 'Super Mall Pekalongan Tower'," katanya.

Ia mengatakan dalam upaya mendongkrak perekonomian, pemkab akan membuka berbagai bidang seperti pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan, pertambangan, sumber energi, properti perdagangan, pariwisata, dan investasi.

"Oleh karena, kami berharap pembangunan Super Mal Tower ini akan mampu meningkatkan PAD, selain dari sektor pertambangan, peternakan, maupun kelautan," katanya.

Tidak disebutkan berapa anggaran yang disiapkan untuk membangun supermal di Pekalongan tersebut.


 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024