Kudus (Antaranews Jateng) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memberikan pelayanan program dukungan psikososial atau Psychosocial Support Program (PSP) kepada korban banjir di Kudus untuk memulihkan kondisi trauma psikologis mereka setelah peristiwa banjir, Sabtu.
    
"PSP merupakan program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikososial individu maupun masyarakat agar tetap berfungsi optimal pada saat mengalami krisis dalam situasi bencana," kata Tim PSP PMI Kabupaten Kudus Kevin Ricarda saat menjalankan program dukungan psikososial di tempat pengungsian korban banjir yang menempati aula Balai Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus, Sabtu.
    
Ia mengungkapkan PSP diberikan kepada Kelompok masyarakat target program dukungan psikososial PMI seperti anak-anak, remaja, dewasa dan lansia.
    
Tim PSP PMI Kudus dalam memulihkan trauma korban banjir, yakni dengan kegiatan terapi permainan.
    
Di antaranya dengan cara bernyanyi bersama dan menggambar.
    
Tujuan utamanya, kata dia, agar masyarakat, khususnya anak-anak terdampak banjir selalu ceria walaupun mereka tinggal di tempat pengungsian.
    
Apalagi, lanjut dia, ratusan warga Desa Jati Wetan, khususnya di Dukuh Barisan, Gendok dan Tanggulangin telah mengungsi selama sepekan.
    
"Hal itu tentu menyisakan rasa trauma bagi para warga yang saat ini menempati balai Desa Jati Wetan," ujarnya.
    
Hingga kini, masih ada ratusan warga dari Desa Jati Wetan yang masih bertahan di tempat pengungsian meskipun hujan mulai reda dan genangan banjir juga mulai surut.
    
Jumlah warga yang masih bertahan di tempat pengungsian sebanyak 84 keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 263 jiwa.
    
Dari jumlah tersebut, paling banyak perempuan berjumlah 138 orang, selebihnya merupakan laki-laki.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024