Boyolali (Antaranews Jateng) - Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo bersama masyarakat menanam pohon buah di kawasan Waduk Cengklik, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin, dalam rangka Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air. 

Penanaman pohon di daerah resapan kawasan Waduk Cengklik tersebut dihadiri Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan  Permukiman (PPLP), Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dodi Krispratmadi, didampingi Kepala BBWS Bengawan Solo, Charisal Akdian Manu, dan warga masyarakat. Kegiatan ini untuk melestarikan sumber air di kawasan itu. 

Menurut Direktur PPLP, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Dodi Krispratmadi, penanaman pohon di kawasan Waduk Cengklik merupakan kegiatan rutin hampir setiap saat dilakukan untuk menjaga kelestarian air.    

Charisal Akdian Manu, mengatakan kegiatan penanaman pohon untuk menghidupkan lahan kritis salah satunya di kawasan waduk, dan sebelumnya juga dilakukan di wilayah Klaten.  Kegiatan Senin ini,  juga dilakukan di 34 Provinsi yang dipusatkan di Waduk Jatigede Jawa Barat. Untuk wilayah Solo dan sekitarnya yang bertanggung jawab  BBWS  Bengawan Solo, termasuk di Waduk Cengklik Boyolali ini.

 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024