Semarang (Antaranews Jateng) - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mengajak para lanjut usia untuk secara rutin mengecek kesehatan agar tetap sehat dan produktif serta terbebas dari berbagai penyakit.
    
"Agar para lansia tetap sehat dan produktif dan tidak menjadi beban keluarga atau masyarakat, maka kesehatannya harus terjaga dengan baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo di Semarang, Kamis.

Menurut dia,  sehat bagi para lansia adalah anugerah yang tidak didapatkan begitu saja sehingga perilaku hidup sehat perlu dilakukan sejak dini dan dijaga sampai masa tua.
    
Pembangunan kesehatan dilakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, semakin derajat kesehatan meningkat, maka umur harapan hidup akan semakin panjang.

"Dan itu merupakan salah satu komponen indeks pembangunan manusia. Dengan demikian, apabila umur harapan hidup semakin meningkat, jumlah lansia semakin banyak," ujarnya.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan agar pada saat memasuki usia lansia tetap sehat dan produktif, maka sejak muda harus rutin menjaga kesehatan dan rutin melakukan cek kesehatan.

"Yang paling ditakuti adalah penyakit degeneratif, penyakit ini adalah bertumpuknya penyakit sejak muda karena perilaku yang tidak sehat," katanya.

Penyakit degeneratif merupakan istilah medis yang menyebabkan kemunduran fungsi sel saraf tanpa sebab diketahui.

Beberapa jenis penyakit degeneratif di antaranya adalah obesitas, kolesterol, stroke, dan penyakit jantung.

"Oleh sebab itu, sejak muda harus selalu berperilaku sehat biar saat tuanya masih sehat dan produktif," ujarnya.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024