Solo (Antaranews Jateng) - Persis Solo siap bertarung sekuat tenaga agar bisa meraih poin saat melawan tuan rumah Semen Padang untuk memastikan lolos ke delapan besar dalam pertandingan terakhir kompetisi Liga 2 Indonesia 2018 di Stadion Haji Agus Salim Padang, Senin (15/10).

Laga Persis melawan Semen Padang terjadi penundaan jadwal pertandingan karena seharusnya digelar hari Sabtu (13/10), kemudian diundur menjadi Senin (15/10), kata Pelatih Persis Solo Agus Yuwono di Stadion Sriwedari Solo, Rabu.

Agus Yuwono mengatakan pertandingan yang terakhir pada putaran kedua Liga 2 tersebut dilaksanakan secara serentak karena ada empat tim yang menentukan bisa lolos ke babak delapan besar.

"Diundurnya jadwal pertandingan terakhir itu  cukup menguntungkan tim kami sehingga masih ada waktu untuk persiapan melawan tuan rumah Semen Padang, yang kini menempati posisi puncak grup," katanya.

Persis pada pertandingan terakhir melawan Semen Padang masih harus berjuang untuk bisa lolos ke babak delapan besar, tetapi juga masih harus tergantung tim lainnya. 

Tim Liga 2 yang sudah memastikan lolos ke delapan besar, yakni Semen Padang yang menempati posisi puncak grup dengan nilai 36 poin. Persis Solo menempati posisi kedua dengan 35, disusul Persita (34), kemudian Persiraja Aceh dan Aceh United masing-masing mengumpulkan 32 poin.

"Empat tim di bawah Semen Padang ini  masih mempunyai peluang bisa lolos ke delapan besar sehingga pertandingan terakhir digelar serentak," katanya.

Sesi latihan Persis yang digelar di Stadion Sriwedari Solo memang untuk persiapan melawan Semen Padang. Semua pemain siap bertempur, kecuali satu pemain sayap kanan, Azka, yang masih cedera, sehingga dia tidak bisa bergabung latihan dengan teman-temannya. Pemain yang terkena akumulasi kartu tidak ada semuanya siap diturunkan lawan Semen Padang.

Tim Persis Solo menghadapi Semen Padang pada sesi latihan dengan meningkatkan komunikasi antar-pemain sehingga kekompakan tim atau kerja sam antarlini bisa terjaga. Komunikasi antarpemain selama ini masih kurang sehingga setiap akan mengambil keputusan sering gagal atau kurang fokus.

"Saya juga heran membangun komunikasi pemain seharusnya sudah tidak dilakukan. Namun, kami tidak boleh menyerah, tetap membangun komunikasi untuk menjaga kekompakan tim," kata Agus Yuwono.

Kendati demikian, Agus Yuwono tetap optimistis dengan membawa 18 pemain ke Padang bisa bermain lepas  dan mengimbangi tim lawan. Timnya targetkan bisa merebut satu poin sudah bagus, jika tiga poin lebih bagus untuk memastikan lolos delapan besar.

"Kami akan berangkat ke Padang, pada Sabtu (13/10). Kami berharap pemainnya bisa bermain lepas tanpa beban, dan jangan mudah terpancing emosi permainan lawan. Kami harus bermain aktif bisa menguasai bola tampil menyerang," katanya. 
     
   
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024