Solo (Antaranews Jateng) - Pemerintah meminta perusahaan berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Indonesia.

     "Keberhasilan Apindo Surakarta harus ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Surakarta sekaligus memberikan kontribusi bagi peningkatan SDM dan mengurangi pengangguran," kata Direktur Jenderal Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI Bambang Satriyo Lelono pada pengukuhan pengurus Apindo Surakarta periode 2018-2023 di Gedung Pertemuan Diamond Solo, Kamis.
 
   Ia mengatakan dalam hal ini perusahaan harus mampu memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja serta memberikan jaminan sosial sehingga berdampak pada ketenangan kerja bagi pekerja industri. 
 
   "Banyak negara yang minim sumber daya alam tetapi justru bisa menjadi negara maju, salah satu contohnya Singapura. Kemajuan negara tersebut karena memiliki SDM berkualitas," katanya.

     Terkait hal itu, dikatakannya, saat ini salah satu program prioritas pemerintah adalah meningkatkan kualitas SDM.

     "Ini sangat tepat mengingat di Indonesia jumlah tenaga kerja terampil yang memadai masih kurang," katanya.

     Ia mengatakan berdasarkan data jumlah angkatan kerja di Indonesia saat ini sebanyak 133 juta orang. Dari total tersebut, 60 persennya hanya berlatar pendidikan SMP.

     "Sedangkan 28 persennya pendidikan menengah yaitu SMA dan SMK, dan sisanya adalah pendidikan tinggi atau sarjana," katanya.

     Selanjutnya, untuk tingkat pengangguran terbuka terbesar adalah lulusan SMK, diikuti oleh lulusan politeknik.
 
   "Oleh karena itu, kita harus meningkatkan daya saing. Apalagi pada era industri 4.0 ini seluruh mekanismenya terhubung dengan teknologi," katanya.
 
   Sementara itu, Ketua Apindo Surakarta Iwan Kurniawan Lukminto mengatakan Apindo akan menerapkan langkah strategis untuk meningkatkan industri khususnya di Surakarta.

     "Salah satunya dengan langkah menggalang kerja sama dengan pelaku usaha dan pelaku industrial dalam dan luar negeri," katanya.
 
   Selain itu, dikatakannya, Apindo juga akan membangun jejaring untuk peningkatan mutu, perlindungan, pemberdayaan, dan pembelaan terhadap tenaga kerja.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024