Klaten - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah terus mengajak para siswa untuk ikut melestarikan Candi Plaosan salah satunya dengan memberikan edukasi mengenai pelestarian cagar budaya yang dikemas dalam kegiatan BPCB Mengajar.

Sebanyak 240 siswa dari enam sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Klaten yang ikut kegiatan BPCB Mengajar antara lain SMK Negeri I Klaten, SMK Negeri II Klaten, SMK Negeri III Klaten, SMK Kristen Klaten, SMK Muhammadiah II Klaten Utara, dan SMK Leonardo Klaten.

Edukasi mengenai kegiatan pengenalan cagar budaya yang berlangsung Rabu (26/9) tersebut dikemas secara ringan dan rekreatif.

BPCB Jateng berkunjung ke sekolah dan menjemput para siswa dan diajak berkunjung mengunjungi cagar budaya yang telah dipilih ke BPCB Jateng salah satunya Candi Plaosan.

Di setiap kunjungan, siswa didampingi staf BPCB Jateng, sehingga pada penjelasan mengenai cagar budaya, peserta dapat bertanya langsung atau pun berbagi informasi.

Saat berdiskusi disela-sela kegiatan tentang apa yang bisa dilakukan generasi muda dalam ikuti mengenalkan cagar budaya, para peserta sepakat memposting poto dan video saat berkunjung ke Candi Plaosan dengan caption atau keterangan menarik sesuai versi mereka.

Para siswa juga mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan postingan cagar budaya sesuai dengan gaya mereka dan BPCB memberikan apresiasi bagi postingan paling menarik.
 

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024