Semarang (Antaranews Jateng) - Bank CIMB Niaga menyerahkan satu unit bus tingkat wisata kepada Pemerintah Kota Semarang sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pariwisata di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

"Penyerahan bus tingkat wisata ini merupakan bentuk syukur kami atas kemajuan yang telah dicapai CIMB Niaga hingga usia ke 63 tahun, sekaligus mendukung sektor pariwisata yang terus dikembangkan oleh Pemkot Semarang melalui penyediaan sarana transportasi," kata Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan di Semarang, Rabu.

Acara serah terima bus tingkat wisata dilakukan oleh Presdir CIMB Niaga Tigor M. Siahaan kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada Upacara Hari Perhubungan Nasional 2018 di halaman Balai Kota Semarang.

Lebih lanjut Tigor mengungkapkan, dipilihnya Semarang sebagai kota yang menerima bantuan bus tingkat wisata dari CIMB Niaga karena Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini dinilai telah melakukan berbagai persiapan dalam menunjang pengembangan pariwisata.

Menurut dia, bus tingkat wisata tersebut dapat digunakan secara gratis oleh warga dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang untuk berwisata ke sejumlah destinasi wisata

"Mudah-mudahan bus tingkat wisata ini bisa dinikmati masyarakat dan kami berharap dengan bertambahnya bus wisata melalui bantuan 'corporate social responsibility' CIMB Niaga, animo masyarakat untuk berwisata mengelilingi Kota Semarang makin meningkat," ujarnya.

Pada 2016 dan 2017, kata dia, CIMB Niaga telah menyerahkan tiga unit bus serupa kepada Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung sektor pariwisata dan menambah sarana transportasi publik.

"Kemitraan CIMB Niaga dengan Pemkot Semarang melalui penyediaan bus tingkat wisata menjadian perseroan tidak hanya fokus di Jakarta, tapi juga terus memperluas pasar untuk melayani nasabah serta masyarakat di berbagai wilayah," katanya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada CIMB Niaga atas penyerahan bantuan bus tingkat wisata.

"Kebutuhan terhadap bus tingkat wisata ini luar biasa, masyarakat terus mendesak pemkot melakukan pengadaan bus wisata lagi. Singkat cerita kami berkirim surat kepada CIMB Niaga dan direspon dalam waktu cepat," ujarnya.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi menyebutkan, dengan adanya bantuan bus tingkat wisata ini menunjukkan adanya kepercayaan terhadap kegiatan pariwisata di Kota Semarang yang didukung oleh sektor swasta.

Oleh Pemkot Semarang, bus tingkat wisata merek MAN asal Jerman dengan karoseri buatan PT Gemilang Nusantara yang berkapasitas 53 tempat duduk ini diberi nama "Si Denok".

Dengan demikian, Pemkot Semarang saat ini mempunyai dua unit bus tingkat wisata yang melayani masyarakat berkeliling secara gratis ke beberapa destinasi wisata di Semarang.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024