Demak (Antaranews Jateng) - Komunitas Sahabat Lestari kembali membagikan air bersih ke desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 

Kali ini droping air sebanyak tujuh truk tangki ditujukan kepada warga tiga desa, Desa Jetak, Desa Berahan Wetan, dan Desa Berahan Kulon, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Kamis (13/9).

Meskipun cuaca panas, warga antusias datang ke lokasi pembagian air gratis tersebut. Puluhan warga berbondong-bondong datang ke lokasi titik kumpul di halaman rumah Malikin, di Desa Jetak, dengan membawa ember, tong, dan jeriken.

Beban warga, menurut siaran pers dari Sahabt Lestari yang diterima, Jumat (14/9), berkurang dengan adanya bantuan air bersih dari Hj. Lestari Moerdijat selaku Dewan Pembina Komunitas Sahabat Lestari.

Data yang dihimpun Sahabat Lestari menunjukkan warga Desa Jetak ini sangat membutuhkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Sumur-sumur warga mengalami kekeringan sehingga mereka kesusahan mncari air bersih dan jalan satu-satunyaya harus beli di agen air terdekat.

"Saya merasa bersyukur atas bantuan air bersih dari Hj. Lestari Moerdijat. Sudah beberapa bulan ini desa kami mengalami kekeringan bahkan sumur-sumur warga pun kering," kata Sujarwo, 52 tahun, warga desa.

Oleh karena itu, ia beli air di depo air isi ulang. Ia sempat mengajukan permohonan ke berbagai pihak untuk bantuan air bersih, tapi sampai sekarang belum terealisasi.

"Harapan kami, semoga bantuan air bersih ini bisa dibagikan seminggu sekali atau sampai musih hujan datang agar saya dan warga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli air bersih di agen," kata Sujarwo. ***

Pewarta : Zaenal
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024