Ternate (Antaranews Jateng) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menerima gelar Kapita Ngofa Ngare atau Pemimpin Pemuda dari Kesultanan Ternate di Kedaton Kesultanan Ternate, Minggu.

"Saya Kapita Imam Nahrawi baru saja mendapatkan amanah dan tanggung jawab yang harus saya laksanakan untuk merajut kebangsaan kita khususnya kepada generasi muda calon-calon pemimpin masa depan, para pemuda di seluruh Tanah Air," kata Menpora dalam sambutan setelah menerima gelar adat Kesultanan Ternate.

Menpora mengatakan masa depan bangsa Indonesia berada di tangan anak-anak muda yang berbeda latar belakang. "Di tangah mereka yang berbeda-beda itu masa depan Indonesia akan kuat dan kami akan terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Pemberian gelar adat Kesultanan Ternate kepada Menpora Imam Nahrawi dibacakan oleh Johukum Sangaji Mukhlis Abdullah di hadapan jajaran pimpinan dan majelis adat Kesultanan Ternate.

"Ngori Mukhlis Abdullah, Johukum Sangaji, Magugu wali Kesultanan Ternate ma daha jaib kolano Moloku Kie Raha Buldan tositede ngana, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ngon Tarima, Ngon Tarima, Ngon Tarima" ujar Johukum Sangaji Mukhlis Abdullah.

Lantas dijawab "Tarima, Tarima, Tarima," oleh Menpora yang telah mengenakan baju dan peci adat Ternate.
  Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, didampingi Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Walikota Ternate Burhan Abdurrahman, mengikuti prosesi adat sebelum memasuki Kedaton Ternate, Minggu (09/09/2018), untuk menerima gelar adat Kesultanan Ternate. (Antara/Imam Santoso)

Pemberian gelar adat Ternate itu merupakan hasil musyawarah adat Kesultanan Ternate kepada Menpora Imam Nahrawi dengan harapan dapat menjembatani dan merangkul unsur kepemudaan sebagai generasi penerus dan menjaga serta melestarikan adat istiadat Kesultanan Ternate demi keutuhan NKRI.

Upacara pemberian gelar adat itu mengawali kegiatan pawai obor Asian Para Games 2018 yang dimulai dari Kedaton Kesultanan Ternate setelah lentera api disemayamkan pada Sabtu (8/9).

Obor Asian Para Games 2018 itu lantas diarak belasan kilometer menuju Landmark Kota Ternate pada Minggu. Pawai obor itu melibatkan Menpora Imam Nahrawi, Pangdam XVI Pattimura Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto, Irwasda Polda Maluku Utara Kombes Pol Sam Yulianus Kawengian, Walikota Ternate Burhan Abdurrahman, Direktur PPK Gelora Bung Karno (GBK) Winarto, serta sejumlah atlet-atlet difabel Ternate. 

 


Pewarta : Imam Santoso
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024