Magelang (Antaranews Jateng) - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Magelang menggelar Estafet Tunas Kelapa 2018, sebagai salah satu tradisi peringatan Hari Pramuka yang setiap tahun jatuh pada 14 Agustus.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Magelang Sumartono dalam keterangan tertulis di Magelang, Jumat, mengatakan cikal bakal tradisi kegiatan itu, pertama kali dilaksanakan Kwartir Daerah Jawa Tengah yang kemudian diselenggarakan secara nasional.

"Kegiatan ini berupa perjalanan estafet dari satu daerah ke daerah lain dengan membawa lambang Tunas Kelapa dan panji-panji Gerakan Pramuka," kata Sumartono yang juga Penjabat Sekretaris Daerah Pemkot Magelang itu.

Ia menjelaskan rangkaian acara ETK. Pada Jumat ini sejumlah kegiatan dilaksanakan, di antaranya pemberangkatan Pasukan ETK di halaman SMA Negeri 4 Magelang, Timbang Terima Pasukan ETK antaraKwaran Magelang Selatan dan Kwaran Magelang Tengah di halaman SMP Negeri 7 Magelang.

Selanjutnya di SD Negeri Gelangan 5 digelar Timbang Terima ETK antara Kwaran Magelang Tengah dengan Kwaran Magelang Utara, sedangkan pada Sabtu (1/9) secara serentak Timbang Terima Pasukan ETK antarkwarcab di Mako Armed 3 Sambung Kota Magelang.

Sumartono pada kesempatan itu, juga membacakan pesan dan kesan Gubernur Jateng bahwa kegiatan ETK harus tetap dijaga dan dilestarikan.

”Bapak Gubernur juga meminta kepada pramuka untuk menggelorakan semangat antinarkoba. Jadikan Dharma Pramuka sebagai pedoman, yaitu suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan,” katanmya.

Selain itu, kata dia, perlunya meneguhkan semangat cinta tanah air dan bangsa.

Sebagai generasi penerus, katanya, diminta memanfaatkan usia cemerlang ini dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan terus berkreasi dan berkarya.

Sumartono menambahkan tugas pokok Gerakan Pramuka menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi anak-anak dan pemuda Indonesia agar menjadi generasi berkualitas, sanggup bertanggung jawab, dan mampu mengisi kemerdekaan.

”Estafet merupakan salah satu gerakan pramuka bertujuan membentuk manusia berkarakter, berkepribadian, berwatak, dan berbudi luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila,” katanya.

Dia mengharapkan peserta ETK dapat mengimplementasikan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari.

”Utamanya membudayakan dan menegakkan sikap berbuat kebaikan, menentang penggunaan narkoba, menentang tindak kekerasan dan mengembangkan nilai–nilai persaudaraan dan kasih sayang," katanya.

Peserta ETK akan berkemah di kompleks SMA Negeri 5 Magelang, sebelum mengikuti Timbang Terima Pasukan ETK antarkwarcab di Mako Armed 3 Sambung Kota Magelang, Sabtu (1/9)  pukul 14.30 WIB. (hms)


 

Pewarta : Hari
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024