Magelang (Antaranews Jateng) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Magelang, Jawa Tengah melakukan pergantian antarwaktu (PAW) kepada dua ketua pengawas pemilu kecamatan, yakni Ketua Panwascam Secang M Yasin Awan Wiratno dan Ketua Panwascam Grabag M Anwar Cholid.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang Habib Shaleh, di Magelang, Kamis, menjelaskan Ketua Panwascam Secang Yasin dan Ketua Panwascam Grabag M Anwar diganti karena keduanya terpilih sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Magelang.

Ia menyebutkan Yasin akan diganti oleh Chariroh Maimunah, warga Dusun Kerten RT 09 RW 04, Desa Krincing, Kecamatan Secang. Mantan anggota PPK Pilkada 2018 ini merupakan urutan keempat dalam seleksi anggota Panwascam Secang pada September 2017, sehingga masuk daftar calon PAW.

Dia mengatakan untuk menggantikan posisi Anwar Cholid, Bawaslu Kabupaten Magelang menggelar seleksi terbuka untuk warga Kecamatan Grabag. Pendaftaran sudah dibuka sejak 24 Agustus 2018 dan ditutup 30 Agustus 2018.

"Khusus untuk Kecamatan Grabag seleksi terbuka dan dibuka untuk umum. Semua warga Grabag yang memenuhi syarat dan ketentuan silakan mendaftar. Kami akan menggelar seleksi secara transparan," katanya pula.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Magelang Sumani Aini Chabibah mengungkapkan pendaftar Panwaslu Kecamatan Grabag harus mengajukan surat pendaftaran, menyerahkan fotokopi KTP, foto berwarna 4x6 sebanyak 5 lembar, fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang dilegalisir, daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah atau puskesmas serta surat bebas narkoba.

Ia menuturkan syarat pendaftaran adalah WNI, berusia paling rendah 25 tahun, setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Pendaftar harus mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu.

"Bagi anggota partai, PNS, BUMN, dan BUMD harus mengundurkan diri lebih dulu. Pendaftar yang terpilih akan mengisi kekosongan Panwascam Grabag lewat PAW," katanya lagi.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024