Purwokerto (Antaranews Jateng) - Pelajar di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, khususnya yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Purwokerto menggelar aksi peduli bencana gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Setelah mendengar kabar adanya gempa, kami membayangkan bagaimana rasanya teman-teman dan orang-orang di sana (Lombok, red.)," kata Ketua OSIS SMPN 1 Purwokerto Hernanda Fadhil di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Oleh karena itu, kata dia, pengurus OSIS SMPN 1 Purwokerto dan organisasi sekolah lainnya menggelar aksi penggalangan dana yang dilaksanakan selama tiga hari, 7-9 Agustus 2018.

Menurut dia, aksi penggalangan dana dana yang mendapat dukungan dari pihak sekolah itu dilakukan dengan cara meletakkan kotak donasi yang disertai spanduk kecil bertuliskan "Peduli Lombok" di depan sekolah.

"Hal ini didasari oleh kebiasaan di sekolah ketika siswa datang akan disambut oleh bapak dan ibu guru, selanjutnya mereka saling berjabat tangan. Kami berharap setelah berjabat tangan dengan guru, teman-teman akan menyisihkan atau mendonasikan sebagian uang saku mereka untuk korban bencana gempa di Lombok," katanya.

Ia mengatakan hingga hari terakhir penggalangan, dana yang terkumpul mencapai kisaran Rp5 juta dan selanjutnya akan disalurkan melalui lembaga resmi oleh Ketua OSIS bersama Kepala SMPN 1 Purwokerto.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Purwokerto Suhriyanto memberikan apresiasi terhadap inisiatif OSIS SMPN 1 Purwokerto yang melakukan penggalangan dana untuk membantu korban bencana gempa di Lombok.

Menurut dia, kegiatan penggalangan dana tersebut merupakan program kepedulian sosial yang terus dilakukan sekolah dan menjadi bagian dari program kerja OSIS SMPN 1 Purwokerto.

"Saya sangat merespons inisiatif ini karena di samping anak didik kami cerdas, kami juga memberikan pendidikan karakter, memberitahukan bahwa orang-orang di Lombok itu masih saudara kita. Kami memberi contoh bagaimana seandainya itu terjadi kepada kita, dengan tujuan supaya anak anak mulai dari kecil peka terhadap lingkungannya dan keadaan orang lain," katanya. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024