Tegal (Antaranews Jateng) - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dr. Dewi Aryani, M.Si. memandang perlu rumah sakit mempunyai program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) yang menjangkau ke seluruh unit kerja di RS.

Untuk melaksanakan program tersebut tidaklah mudah karena memerlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara kepala bidang/divisi medis, keperawatan, penunjang medis, administrasi, dan lainnya, termasuk kepala unit/departemen/instalasi pelayanan, kata Dewi Aryani pada dialog aspirasi dengan warga Daerah Pemilihan (Dapil) 9 Jawa Tengah di Tegal, Senin.

Salah satu kegiatan Dewi Aryani pada reses, 30 Juli s.d. 15 Agustus 2019, berupa sosialisasi di bidang kesehatan dengan mengambil tema "Peningkatan Mutu dan Pelayanan Pasien".

Hadir dalam acara tersebut, antara lain pejabat dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota Tegal, perwakilan RSUD, dan beberapa puskesmas di Kota Tegal, serta tokoh masyarakat dari empat kecamatan di daerah ini.

Dalam sambutannya, Dewi Aryani mengatakan bahwa RS harus menetapkan komite/tim atau bentuk organisasi lainnya untuk mengelola program PMKP agar mekanisme koordinasi pelaksanaan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien dapat berjalan lebih baik.

"Standar ini menjelaskan pendekatan yang komprehensif untuk peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang berdampak pada semua aspek pelayanan," Dewi Aryani, wakil rakyat asal Dapil 9 (Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kota Tegal) Jateng.

DeAr, sapaan akrab Dewi Aryani, menegaskan bahwa pada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla kesehatan merupakan program Nawacita ke-5. Oleh karena itu, diharapkan RS dan puskesmas meningkatkan mutu pelayanan maupun peralatan kesehatannya dalam menunjang pelayanan.

Pewarta : Kliwon
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024